Sejumlah pengusaha pemula mengikuti pelatihan IKM di Tangerang Selatan. (Foto: Medcom.id/Farhan)
Sejumlah pengusaha pemula mengikuti pelatihan IKM di Tangerang Selatan. (Foto: Medcom.id/Farhan)

Kemenperin Dorong IKM Tangsel Go Digital

Nasional umkm
Farhan Dwitama • 29 Oktober 2019 19:49
Tangerang: Puluhan pelaku Industri kecil dan menengah (IKM) di Kota Tangerang Selatan, Banten, didorong meningkatkan kemampuan dalam memasarkan produk dan peningkatan standar mutu produk dengan memanfaatkan teknologi digital.
 
Kepala Seksi Industri IKM Pangan, Barang dari Kayu, dan Furnitur Ditjen IKMA Kementerian Perindustrian Satrio Pratomo mengakui pertumbuhan IKM cukup pesat. Hal itu perlu dibarengi dengan pengetahuan pelaku usaha dalam meningkatkan mutu produk dan pemasaran produk dengan memanfaatkan teknologi 4.0 agar mampu bersaing di pasar global.
 
"Jadi standarisasi produk bisa membaik. Dengan literasi digital, para pelaku IKM dapat bersaing secara global," terang Satrio, Selasa, 29 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, literasi digital bagi pelaku IKM sangat penting. Sebab seluruh produk yang dipasarkan tak lagi terbatas ruang dan waktu sehingga perlu pola bisnis baru untuk menyesuaikan dengan kondisi kekinian.
 
Selain pemahaman digital, lanjut Satrio, para pelaku industri juga diajak untuk lebih mengenal desain dan label kemasan, Hak Kekayaan Intelektual (HKI) tentang merek, sistem mutu produk pangan, dan prosedur pengajuan izin langsung.
 
"Ini merupakan transformasi bisnis IKM secara digital, yang meliputi marketplace, digital payment, ERP management system, digital learning, digital advertising, serta dukungan lainnya seperti akses pembiayaan, permesinan, dan logistik," ucap dia.
 
Sementara itu Kabid Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel Ferry Payacun mengungkapkan, kemampuan pelaku usaha untuk meningkatkan mutu produk dan pemasaran adalah kunci dari bisnis IKM makanan di Tangsel.
 
"Pemerintah sangat serius mendampingi pelaku industri pemula. Melalui pelatihan tentu akan menaikkan kelas para pelaku IKM. Ini sangat penting, karena sebenarnya mereka dapat menyumbang angka pertumbuhan ekonomi Tangsel," terang Ferry.
 
Ferry mengatakan, pihaknya telah menyiapkan strategi pasar bagi para pelaku industri. Salah satunya mendorong pelaku industri menjual hasil produksinya secara langsung maupun daring.
 
"Tujuannya agar produk yang diproduksi terjual lebih luas. Sehingga dia (pelaku industri) mendapatkan income (penghasilan) dan bisa memproduksi kembali lebih banyak," ungkapnya.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif