Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. Foto: MI/Susanto
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. Foto: MI/Susanto

Menteri Basuki Sebut Ada 755 Desain Ibu Kota Baru

Nasional Ibu Kota Baru
Daviq Umar Al Faruq • 13 November 2019 14:18
Malang: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan sebanyak 755 peserta mengikuti kompetisi desain ibu kota baru. Dia mengatakan kompetisi tersebut sarat gengsi.
 
"Semua itu gengsi ternyata. Sudah survei kecil-kecilan, kenapa kok banyak (yang ikut). Ternyata bukan karena hadiah," katanya di Malang, Jawa Timur, Rabu, 13 November 2019.
 
Basuki mengaku sempat menawarkan kepada beberapa pihak untuk menjadi juri dalam kompetisi desain ibu kota baru. Namun banyak yang menolak karena memilih ikut serta dalam kompetisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Banyak yang kita minta sebagai juri, tapi beliau enggak bersedia karena ingin ikut. Bukan karena hadiahnya, tapi ingin idenya, karena ini sekali dalam hidupnya mungkin kan, untuk urban desain ibu kota," ungkapnya.
 
Dia menambahkan ratusan peserta yang mengikuti kompetisi tak hanya dari kalangan senior. Namun juga para peserta muda.
 
"Jadi nanti kalau memang mereka memasukkan ada 755 desain. Nah itu nanti akan dipilih juara 1, 2, 3, juara harapan 1 dan 2. Yang muda-muda, dari seluruh provinsi ada," terangnya.
 
Pendaftaran Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara dibuka pada 3-18 Oktober 2019. Pemenang dalam kompetisi akan mendapat piagam penghargaan serta hadiah uang dengan total Rp5 miliar.
 
Rinciannya, Pemenang I mendapat Rp2 miliar, Pemenang II mendapat Rp1,25 miliar, Pemenang III mendapat Rp1 miliar, Juara harapan I mendapat Rp500 juta dan Juara Harapan II mendapat Rp250 juta.
 
Desain pemenang pertama dapat digunakan seluruhnya atau sebagian, dan/atau dikombinasikan dengan karya pemenang lainnya. Pemenang juga akan disertakan dalam Tim Perencanaan dan Perancangan Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) untuk penyusunan dan pengembangan dokumen Urban Design.
 
Pendaftaran dimulai pada 3-18 Oktober 2019. Penjurian tahap pertama akan dilakukan pada 9-11 Desember 2019. Penjurian kedua pada 11-13 Desember 2019. Pemenang sayembara desain akan diumumkan pada 23 Desember 2019.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif