Ilustrasi bawang merah. MI/Panca Syurkani
Ilustrasi bawang merah. MI/Panca Syurkani

Kalbar Kembangkan 245 Hektare Bawang Merah

Nasional pertanian
Antara • 11 Februari 2019 11:33
Pontianak: Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Kalbar mengembangkan 245 hektare untuk komoditas bawang merah di 2019. Program yang didanai APBN ini akan tersebar di wilayah Kalbar.
 
"Ada 245 hektare yang dalam budidayanya tersebar di 14 kabupaten atau kota yang ada di Kalbar," ujar Kabid Hortikultura Distan TPH Kalbar Endang Kusumayanti seperti yang dilansri Antara, Senin, 11 Februari 2019.
 
Luas lahan di Kabupaten Kubu Raya dan Sambas akan menjadi yang tertinggi. Kedua kabupaten tersebut masing-masing mendapat kuota 25 hektare.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tahun ini juga sudah ada pengembangan bawang putih di Bengkayang seluas 25 hektare," papar dia.
 
Cabai juga menjadi targe pengembangan hortikultura yang juga menjadi prioritas. Lahan yang dikembangkan tahun ini sekitar 360 hektare.
 
"Kabupaten Ketapang yang paling luas pengembangan cabai yakni 50 hektare. Kemudian disusul Kabupaten Sambas seluas 40 hektare dan daerah lainnya," papar dia.
 
Kawasan sayur-sayuran di perbatasan juga terus dilakukan dengan total luas 20 hektare yang tersebar di Kabupaten Sanggau dan Sambas
 
"Untuk tanaman cabai dan bawang tidak kita targetkan untuk surplus. Saat ini kita baru sebatas atau hanya fokus pada menstabilkan harga," kata Kadistan TPH Kalbar Heronimus Hero.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif