ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Warga Kulon Progo Dilarang Gelar Takbiran Keliling

Nasional hari raya idul fitri Yogyakarta Lebaran 2022
Antara • 01 Mei 2022 09:19
Kulon Progo: Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melarang warga menggelar takbiran keliling. Aturan ini mengikuti Surat Edaran Menteri Agama Nomor 08 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Idulfitri 1443 Hijriah.
 
Kapolres Kulon Progo AKBP Muharomah Fajarini mengimbau masyarakat mengumandangkan takbir di masjid, musala atau di rumah masing-masing.
 
"Kami berharap masyarakat dapat mematuhi surat edaran tersebut demi kebaikan bersama di masa pandemi covid-19 yang belum berakhir ini. Takbir keliling menjadi salah satu upaya pemerintah menekan penyebaran covid-19," kata Fajarini, Minggu, 1 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan takbir keliling dapat memicu kerumunan masyarakat. Ia juga mempersilakan warga merayakan Lebaran, tapi jangan terlalu berlebihan. Tetap patuhi protokol kesehatan.
 
"Kami mengajak masyarakat merayakan Lebaran dengan meningkatkan rasa toleransi antar umat beragama, menjaga akhlak dan mengasah kepedulian sosial, senantiasa memanjatkan doa agar tercipta suasana kerukunan, kedamaian, dan kebersamaan di wilayah Kulon Progo," ucap dia.
 
Baca: Ketinggian Hilal di Sabang Diprediksi 6,4 Derajat
 
Fajarini berharap kepada seluruh masyarakat Kulon Progo untuk bersama-sama menjaga kamtibmas, tingkatkan kewaspadaan terhadap berbagai kejahatan yang mungkin terjadi. Seperti pencurian di rumah kosong yang ditinggal mudik oleh penghuninya, peredaran uang palsu di tempat keramaian, atau bentuk kejahatan lainnya.
 
Ia juga mengimbau kepada masyarakat mentaati protokol kesehatan meski pandemi covid-19 terus membaik. Meskipun demikian kita tetap selalu waspada senantiasa mematuhi protokol kesehatan baik di tempat ibadah maupun di tempat lainnya.
 
"Bagi warga yang belum mengikuti vaksinasi secara lengkap hingga vaksin booster saya mengajak untuk segera mendatangi gerai-gerai vaksin yang telah disiapkan," ucap dia.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif