Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

Polisi Tangkap Wanita Pemilik Kapal Penyelundup TKI Ilegal ke Malaysia

Nasional tki ilegal Pekerja Migran Indonesia Sumatra Utara Pekerja Migran Ilegal
Antara • 22 Januari 2022 23:47
Asahan: Tim gabungan Polres Asahan bersama Lanal Tanjungbalai Asahan (TBA) menangkap seorang perempuan berinisial Y, 42, warga Jalan Zenaha Kelurahan Pematang Pasir Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara, pemilik kapal yang mengangkut Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Ilegal.
 
"Pelaku Y diringkus petugas atas kasus Perkara Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang terjadi Kamis, 6 Januari sekira pukul 23.00 WIB di Perairan Lampu Putih, Desa Bagan Asahan, Kecamatan Tanjungbalai, Kabupaten Asahan," kata Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 22 Januari 2022.
 
Putu menyebutkan, pelaku Y ditangkap Jumat, 21 Januari sekira pukul 10.00 WIB atas pengembangan dari pelaku JD sebagai Nahkoda Kapal yang membawa TKI Ilegal ke Malaysia yang sebelumnya telah ditahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kepada petugas, pelaku JD mengaku dirinya disuruh oleh pelaku Y untuk mengemudikan kapal miliknya membawa 52 TKI Ilegal menuju Selangor, Malaysia dengan mendapatkan upah sebesar Rp5.000.000," ucapnya.
 
Baca: 2 Pengirim PMI Ilegal ke Malaysia Ditangkap
 
Putu menjelaskan, saat ini terhadap pelaku Y masih dilakukan pemeriksaan oleh petugas Sat Reskrim Polres Asahan untuk penyidikan lebih lanjut.
 
Sebelumnya, patroli laut gabungan TNI AL Pangkalan Tanjungbalai Asahan (Lanal TBA) dan Polres Asahan menggagalkan upaya pengiriman sebanyak 52 orang TKI ilegal yang hendak diberangkatkan ke Malaysia, Jumat, 7 Januari.
 
Sebanyak 52 orang TKI ilegal itu diamankan dari sebuah Kapal Motor/KM tanpa nama saat berlayar dari Tanjungbalai Indonesia menuju Negara Malaysia, tepatnya di perairan Asahan.
 
TKI ilegal penumpang KM tanpa nama GT.5 itu terdiri atas 34 orang laki-laki, 17 perempuan dewasa dan 1 balita perempuan.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif