Peternak masih melepas ternak di padang rumput. Foto: Dok/Metro TV
Peternak masih melepas ternak di padang rumput. Foto: Dok/Metro TV

Ribuan Sapi di Aceh Tamiang Terpapar PMK

Nasional penyakit aneh penyakit menular
MetroTV • 12 Mei 2022 16:53
Aceh Tamiang: Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau Foot and Mouth Disease hewan ternak di Aceh Tamiang, Aceh terus meningkat hingga 2.273 ekor pada Kamis, 12 Mei 2022. Kasus tersebut terjadi di 213 desa dari 12 kecamatan di Aceh Tamiang. Sebelumnya, pada Selasa, 10 Mei 2022 tercatat hanya 1.200 ekor yang terkena penyakit ini di dua kecamatan.
 
"Sementara hewan ternak yang mati sebelumnya 13 ekor, kini naik menjadi 30 ekor," ujar Presenter Metro TV Jason Sambouw dalam tayangan Newsline di Metro TV, Kamis, 12 Mei 2022.
 
Meningkatnya kasus PMK di Aceh Tamiang dipengaruhi oleh minimnya pengetahuan peternak yang belum mengisolasi hewan ternaknya. Padahal, pemerintah sudah mengeluarkan surat edaran untuk mengkarantina hewan ternak penularan PMK tidak terus meluas. Keterbatasan obat dan suntikan yang dimiliki Dinas Peternakan Aceh Tamiang juga dikhawatirkan dapat meningkatkan angka kasus PMK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Kabid Kesehatan Hewan Provinsi Aceh Ruhati mengatakan pihaknya telah menyalurkan obat ke seluruh 23 kabupaten kota di seluruh provinsi. Namun, hingga saat ini baru enam kabupaten kota yang terkonfirmasi positif PMK. Di antaranya Kabupaten Aceh Besar, Aceh Utara, Bireuen, Aceh Tamiang, serta Kota Langsa. (Hana Nushratu)
 
 
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif