? Penyerahan hewan kurban Pemkab Sumenep - Medcom.id / Rahmatullah
? Penyerahan hewan kurban Pemkab Sumenep - Medcom.id / Rahmatullah

Penyaluran Kurban, Pemkab Sumenep Sasar Masyarakat Terdampak Korona

Nasional Idul Adha
Rahmatullah • 31 Juli 2020 10:41
Sumenep: Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, melalui Dinas Sosial melakukan penyembelihan dan penyaluran hewan kurban pada Iduladha 1441 Hijriyah. Terdapat 12 ekor sapi dan 25 ekor kambing yang dikurbankan tahun ini.
 
"Jadi karena sekarang masih pandemi covid-19, maka yang terdampak dipriorotaskan untuk mendapatkan daging kurban," kata Bupati Kabupaten Sumenep Busyro Karim, Jumat, 32 Juli 2020.
 
Dia menjelaskan, pembagian daging kurban tahun ini difokuskan untuk warga terdampak covid-19. Jumlah sapi dan kambing yang dikurbankan pun tidak jauh berbeda dengan tahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebenarnya siapa saja boleh saja mendapatkan ini, berbeda jika itu zakat. Kalau ini kurban bebas, namun untuk yang terdampak juga harus kita perhatikan," jelas Busyro Karim.
 
Baca:Salat Iduladha di Masjid Nursiah Daud Paloh Terapkan Protokol Kesehatan
 
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumenep, Muhammad Iksan, menjelaskan puluhan hewan kurban ini berasal dari Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumenep, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMD dan BUMN.
 
"Kalau yang per kecamatan, camatnya hanya melaporkan kepada kami. Nanti penyembelihan atau penyalurannya langsung di per kecamatan," ucap Muhammad Iksan.
 
Untuk penyaluran telah disiapkan sekitar 150 bungkus daging bagi masyarakat terdampak covid-19. Selain itu juga dilakukan penyaluran bagi masyarakat lain melalui 95 pemohon meliputi masjid, musala, yayasan dan organisasi kemasyarakatan.
 
"Kalau yang dulu itu hanya kepada pemohon yang sekarang kita juga salurkan untuk yang terdampak itu sekitar 150 bungkus. Kalau yang pemohom ada 95 lembaga itu nanti bisa sampai 500an bungkus," imbuhnya.
 
Penyembelihan dan penyaluran hewan kurban ditempatkan di Rumah Singgah, Dinas Sosial. Seluruh kegiatan berkaitan dengan penyembelihan dan penyaluran hewan kurban diwajibkan menerapkan protokol kesehatan.
 

(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif