NEWSTICKER
Kepala Imigrasi Kelas I Jayapura Gatut Setiawan. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)
Kepala Imigrasi Kelas I Jayapura Gatut Setiawan. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)

Ratusan WNA di Papua Aman dari Covid-19

Nasional Virus Korona
Roylinus Ratumakin • 17 Maret 2020 19:33
Jayapura: Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura, Papua, memastikan sekitar 500-an warga negara asing (WNA), di wilayahnya dalam kondisi sehat dan aman dari covid-19.
 
Kepala Imigrasi Kelas I Jayapura Gatut Setiawan mengatakan, pencegahan penyebaran virus telah dilakukan secara ketat. Terutama terhadap WNA.
 
“Beberapa waktu lalu ada dua warga Tiongkok yang masuk Papua pada Januari (2020). Kami minta Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Dinas Kesehatan Papua periksa secara teliti sampai dibawa ke Puskesmas dan dinyatakan aman,” kata Gatut, Selasa, 17 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Gatut, dalam keadaan seperti saat ini, WNA justru segan bepergian keluar. Sebab melakukan perjalanan jauh menguras tenaga sehingga imun tubuh menurun dan rentan terpapar virus korona.
 
“Virus kan menyerang orang yang kondisi tubuhnya lemah. Sedangkan yang meninggal itu karena memiliki penyakit lain dan daya tahan tubuhnya sudah berkurang," jelasnya.
 
Baca juga:ASN di Yogyakarta Tetap Bekerja di Kantor
 
Gatut menilai, antisipasi pencegahan yang dilakukan KKP di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, sangat baik. Apalagi dilengkapi alat pendeteksi suhu tubuh yang mumpuni.
 
“Langkah-langkah pencegahan di Papua sudah cukup baik, hanya memang kalau bicara soal WNA Bandara Sentani bukan bandara pertama yang dilewati. Sehingga rata-rata WNA sudah melewati pemeriksaan lebih dulu. Tapi ketika masuk ke Papua tetap harus diperiksa lagi,” katanya.
 
Sementara itu Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal menambahkan KKP, Dinas Kesehatan, dan instansi terkait agar lebih efektif dalam memeriksa setiap pengunjung yang datang ke Papua melalui pelabuhan, bandara dan jalur-jalur lainnya.
 
“Kita tidak boleh panik sikapi virus ini, hanya memang pencegahan harus dilakukan secara efektif," imbuh dia.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif