Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

2 Warga Temanggung Pulang dari Tiongkok Diawasi

Nasional Virus Korona
Tosiani • 10 Februari 2020 13:57
Temanggung: Sebanyak dua warga Temanggung, Jawa Tengah yang baru kembali dari Tiongkok masih dalam pengawasan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung. Keduanya disebut dalam keadaan sehat, tapi tetap harus diobservasi 14 hari mengantisipasi potensi virus korona.
 
Keduanya bernama yakni Ruben Bimo Satrio, 21, warga Walitelon Utara, dan Vicensia Olivia Kurniawan,22, warga Banyuurip. Vicensia tiba di Temanggung pada 31 Januari dari Xiamen, Tiongkok. Sedangkan Ruben tiba pada 5 Februari dari Wuxi, Tiongkok.
 
"Saat turun dari pesawat, Vicensia telah menjalani pemeriksaan di RS Kariadi Semarang. Ruben telah diperiksa di RS Tugurejo Yogyakarta. Hasil pemeriksaan keduanya dalam kondisi sehat," kata Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Temanggung Sri Hartati, Senin, 10 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tati menerangkan Vicensia dan Ruben segera melapor ke Dinkes Kabupaten Temanggung saat baru tiba di Tanah Air. Keduanya kemudian diobservasi dan diwajibkan tinggal di rumah selama dua pekan.
 
Dia mengaku petugas dari Puskesmas Temanggung rutin mendatangi keduanya untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan fisik. Petugas datang setiap dua hingga tiga kali dalam sepekan.
 
"Hasil pemeriksaan fisik selama ini keduanya sehat. Kalau mereka menunjukan ada gejala terjangkit virus korona barulah ditindaklanjuti," beber Tati.
 
Tati menambahkan pihak Dinkes tidak memberikan tambahan vitamin ke keduanya. Pihaknya menyarankan keduanya mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga pola hidup sehat untuk mencegah potensi virus korona.
 
"Pihak Pemerintah Provinsi selalu menginformasikan perihal warga Jateng yang masih berada di Tiongkok atau hendak pulang, serta perkembangan mereka," ucap dia.
 

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif