Sejumlah boat nelayan berlabu di Lhok Calang, tidak bisa melaut akibat cuaca ekatrim, Selasa, 26 Juli 2022. ANTARA/Arif Hidayat
Sejumlah boat nelayan berlabu di Lhok Calang, tidak bisa melaut akibat cuaca ekatrim, Selasa, 26 Juli 2022. ANTARA/Arif Hidayat

Nelayan di Aceh Jaya Diimbau Waspada Gelombang Tinggi

Antara • 09 Agustus 2022 20:05
Banda Aceh: Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya mengimbau para nelayan tetap waspada saat melaut menyusul gelombang tinggi mencapai 4 meter yang melanda wilayah perairan barat Aceh.
 
Kepala BPBK Aceh Jaya, Fajri, mengatakan berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Barat Aceh tinggi gelombang di perairan itu diperkirakan 2,5 meter hingga 4 meter.
 
"Ini perlu diwaspadai kepada seluruh nelayan yang ada di Aceh Jaya, apalagi wilayah kita masuk dalam kategori gelombang tinggi," Kata Kepala BPBK Aceh Jaya, Fajri, di Calang, Selasa, 9 Agustus 2022.
 
Baca: BMKG: Bibit Siklon Tropis Pengaruhi Tinggi Gelombang Laut Natuna Utara

Dia menjelaskan perkiraan tinggi gelombang tersebut akan berlangsung hingga 10 Agustus 2022 di mana nelayan yang ingin melaut harus berhati-hati dengan tetap berkomunikasi dengan rekan lainnya.
 
"Para nelayan yang ingin melaut menggunakan boat kecil meskipun dekat tetap waspada dan tetap menyampaikan kepada rekan lainnya, sehingga jika ada kejadian yang tidak kita inginkan mudah dan cepat kita berikan pertolongan," jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain wilayah Perairan Barat Aceh masuk dalam kawasan gelombang tinggi juga yaitu Perairan Utara Sabang dan Samudera Hindia Aceh dan itu bisa mencapai ketinggian gelombang 4.0 meter.
 
 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif