Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Edi Susilo menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Tegal, Jawa Tengah. (Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Edi Susilo menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Tegal, Jawa Tengah. (Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi)

Ganjar Apresiasi Putusan Bersalah Wakil Ketua DPRD Kota Tegal

Nasional Virus Korona Protokol Covid-19 Ganjar Pranowo
Mustholih • 12 Januari 2021 18:17
Semarang: Pengadilan Negeri Kota Tegal, Jawa Tengah, menyatakan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat, Wasmad Edi Susilo, terbukti bersalah menggelar konser dangdut di masa pandemi covid-19. 
 
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengapresiasi putusan Majelis Hakim dan meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan covid-19 yang ditetapkan Pemerintah.
 
"Mudah-mudahan ini jadi peringatan untuk semua, sehingga semua bisa disiplin. Mudah-mudahan semua bisa taat karena pasti aparat penegak hukum melalui operasi yustisi akan melakukan hal yang sama," kata Ganjar, di Semarang, Selasa, 12 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ganjar menegaskan di masa pandemi, segenap elemen masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan covid-19. Dia menyatakan penegakan hukum atas pelanggaran protokol kesehatan tidak berlandas kebencian pribadi.
 
"Tidak ada kebencian. Tapi semua hanya ingin kita semua sama-sama patuh," tegas Ganjar.
 
Baca juga: Kabupaten Bekasi Belum Terima Vaksin Covid-19
 
PN Kota Tegal menyatakan Wasmad terbukti melanggar Pasal 93 Undang Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan Pasal 216 KUHP karena tidak mematuhi perintah petugas yang berwenang. 
 
Wasmad diganjar hukuman 6 bulan penjara dan denda Rp50 juta subsider 3 bulan dengan masa percobaan setahun karena menggelar konser dangdut dalam pesta pernikahan anaknya pada 23 September 2020.
 
Hukuman yang diterima Wasmad lebih berat dari tuntutan Jaksa yakni 4 bulan penjara dan denda Rp20 juta subsider 2 bulan kurungan dengan masa percobaan setahun. Meski divonis bersalah, Majelis Hakim PN Kota Tegal tidak sampai menjebloskannya ke dalam penjara.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif