Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

KKB Sebut Pelajar SMA yang Ditembak adalah Mata-mata

Nasional penembakan
Roylinus Ratumakin • 21 April 2021 14:22
Jayapura: Ali Mom, pelajar SMA yang tewas di tembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada Kamis, 15 April 2021, di Ilaga, Kabupaten Puncak, disebut sebagai mata-mata aparat keamanan. Keluarga almarhum pun meminta KKB menunjukkan bukti tuduhan tersebut.
 
Alminus Mom, salah satu anggota keluarga menuntut KKB memberikan bukti. Sebab keluarga meyakini korban tidak pernah terlibat dalam kegiatan mata-mata.
 
“Saya menyesal anak saya jadi korban tanpa alasan, saya minta ke TPM-OPM segera serahkan bukti dimana kegiatan-kegiatan atau dimana dia jalan dengan keamanan TNI-Polri, bukti foto dan tertulis, saya minta segera serahkan. Sudah dua hari tiba di Ilaga dan tunggu, tapi sampai saat ini, belum ada informasi terkait tuduhan itu,” kata Aliminus, Rabu, 21 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Alminus menegaskan tanpa bukti, TPM-OPM tak lain hanya pelaku pembunuhan dan teroris alih-alih pejuang Papua merdeka. Apalagi berkaca pada peristiwa di Distrik Beoga, KKB membunuh guru dan membakar gedung sekolah, sampai ke Ilaga membunuh pelajar.
 
“Ini bukan perjuangan murni, tapi mereka teroris. Membunuh dengan sembarang, melanggar HAM dan saya akan sampaikan ke dunia,” ujarnya.
 
Baca juga: Paul Zhang 10 Tahun Tinggal di Salatiga
 
Ia menungkapkan TPM-OPM seharusnya berjuang sesuai dengan aturan yang berlaku. Tidak asal membunuh masyarakat sipil seperti teroris.
 
“Mereka berjuang untuk Papua, mengapa bunuh orang Papua, harusnya mereka melindungi masyarakat Papua, ini perjuangan tidak benar dan ilegal,” ungkap Alminus.
 
Alminus pun memperingatkan jika KKB tak kunjung menyerahkan bukti tuduhan, ia akan membawanya ke jalur adat. 
 
Ali Mom, pelajar SMA Negeri 1 Ilaga, sebelumnya menjadi korban tewas akibat ditembak KKB. Ironisnya, usai ditembak pelajar 16 tahun itu dibacok menggunakan senjata tajam di kening hingga meninggal.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif