Ilustrasi--Salah satu ikon Kota Bandung, Jawa Barat. (Foto: Medcom.id/Roni)
Ilustrasi--Salah satu ikon Kota Bandung, Jawa Barat. (Foto: Medcom.id/Roni)

Okupansi Hotel di Jabar Mencapai 70 Persen

Nasional hotel libur panjang Cuti Bersama
Roni Kurniawan • 29 Oktober 2020 12:50
Bandung: Sejumlah hotel di Kota Bandung, Jawa Barat, mulai dipadati wisatawan yang menghabiskan libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama sejak 28- 31 Oktober 2020. Hotel di pusat Kota Bandung telah terisi penuh hingga akhir pekan nanti, didominasi wisatawan dari Jabodetabek.
 
Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat, Herman Muchtar, memprediksi okupansi hingga berakhirnya masa libur panjang mencapai 70 persen. Terlebih sejumlah tempat wisata di Jabar telah diserbu oleh wisatawan yang berdampak positif pada hotel-hotel.
 
"Daerah-daerah tersebut seperti di Puncak Bogor-Cianjur, Pangandaran, Bandung Barat, dan Pelabuhan Ratu, bahkan Kota Bandung. Itu mungkin okupansinya lebih baik, mudah-mudahan bisa 70 persen," kata Herman, Kamis, 29 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Macet di Km 48, Tol Jakarta Cikampek BerlakukanContraflow
 
Sementara itu, Makerting Communications Executive Hotel Moxy Bandung, Cindy Reigen, mengungkap okupansi hotelnya mencapai 100 persen hingga akhir pekan. Dia mengatakan, wisatawan berasal dari Jabodetabek.
 
"Tapi sampai sekarang semua kamar full, kita ada 109 kamar berbagai tipe sudah penuh semua," ujar Cindy, di Bandung, Kamis, 29 Oktober 2020.
 
Cindy menuturkan, sebagian besar wisatawan menginap satu malam di hotel karena memiliki tempat tujuan wisata ke daerah lain seperti ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat dan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Namun ada sebagian wisatawan yang menginap hingga akhir pekan di hotel tersebut.
 
Pihaknya pun memperketat protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19 di hotel tersebut. Setiap tamu diwajibkan mengikuti aturan hotel termasuk 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).
 
"Tentunya 3M itu harus dipatuhi oleh tamu. Setiap tamu yang mau check in juga harus di cek suhu tubuhnya serta cuci tangan atau pakai hand sanitaizer yang telah kita sediakan," tuturnya.

 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif