ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pontianak Waspadai Penyebaran Covid-19 Gelombang Kedua

Nasional Virus Korona Pencegahan Covid-19 Protokol Covid-19
Antara • 22 Oktober 2020 15:30
Pontianak: Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Kalimantan Barat, menyatakan kewaspadaan tinggi tingkat penyebaran pandemi covid-19 gelombang kedua. Data Dinkes Kota Pontianak menunjukan total kasus covid-19 sudah 500 kasus dengan total pasien meninggal 15 orang.
 
"Saat ini kami menemukan jumlah kasus covid-19 yang lebih banyak daripada gelombang pertama, sehingga masyarakat kami imbau agar lebih waspada," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu, di Pontianak, Kamis, 22 Oktober 2020.
 
Baca: Magetan Kini Berstatus Zona Kuning Covid-19

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan saat ini ada empat laboratorium milik swasta yang sudah bisa melakukan tes usap, yakni sebanyak 200/harinya, ditambah laboratorium milik Rumah Sakit Untan Pontianak yang juga mampu melakukan tes usap sebanyak 200/hari. Dengan fasilitas tersebut diharap bisa mencegah penyebaran lebih luas covid-19 di Kalbar.
 
"Sehingga jumlah tes usap yang bisa dilakukan di Kota Pontianak saat ini sudah bisa melebihi standar WHO dan Gubernur Kalbar, yakni 200 tes usap/harinya," jelas Sidiq.
 
Dia menambahkan saat ini tes usap dilakukan pada orang yang kategori suspek, yakni yang punya riwayat penyakit dan riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi covid-19. Menurutnya Pemprov Kalbar juga melakukan pembatasan sosial berbasis komunitas seperti perkantotan, tempat usaha dan lainnya untuk pencegahan.
 
"Saat ini saja, ada sebanyak 160 pasien yang dirawat inap di Rumah Sakit Kota Pontianak atau sudah bisa dikatakan penuh," jelasnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif