Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang menggandeng PT Pos Indonesia untuk melakukan pengurusan tilang. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir
Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang menggandeng PT Pos Indonesia untuk melakukan pengurusan tilang. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir

Urus Bayar Tilang, Kejari Kota Tangerang Gandeng PT Pos Indonesia

Nasional Tilang Pelanggaran Lalu Lintas pos indonesia Kota Tangerang
Hendrik Simorangkir • 16 Oktober 2021 18:05
Tangerang: Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang menggandeng PT Pos Indonesia untuk melakukan pengurusan tilang. Masyarakat dapat terlayani dengan tidak menimbulkan kerumunan yang dapat melanggar protokol kesehatan di masa pandemi covid-19.   
 
Kepala Seksie Pidana Umum (Kasie Pidum) Kejari Kota Tangerang, Dapot Dariarma, mengatakan kerjasama itu terkait tempat pengambilan tilang. Pengambilan bukti tilang tidak dilakukan di Kejari Kota Tangerang melainkan oleh pihak PT Pos Indonesia.
 
"PT Pos Indonesia cabang Tangerang menyediakan tempat untuk loket pengambilan tilang. Sebelumnya, petugas tilang kami terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pengambilan tilangnya harus ke PT Pos Indonesia di Jalan Daan Mogot," kata Dapot dalam keterangan pers, Sabtu, 16 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 150 Personel Brimob Polda Jambi Bantu Kejar DPO MIT
 
Dapot menjelaskan berdasarkan data, jumlah pelanggar lalu lintas yang mengambil surat tilangnya di PT Pos Indonesia cabang Tangerang, sudah terlayani sebanyak 450 orang.
 
"Pada Jumat (15 Oktober 2021), jumlah yang hadir di kantor PT Pos Indonesia cabang Tangerang kurang lebih 400-450 pelanggar," jelasnya.
 
Menurut Dapot pelayanan berjalan kondusif dikarenakan pembayaran tilang dilakukan di 3-4 loket pembayaran kasir kantor pos. Dia menambahkan, proses tersebut tidak terjadi kerumunan dan adanya pelanggaran protokol kesehatan. "Tidak ada penumpukan ataupun kerumunan semua kondusif. Pelayanan ini pun untuk menghindari calo," jelasnya.
 
Sementara Kepala Kantor Pos Tangerang, Mohamad Sarip, menambahkan pihaknya menyediakan sebanyak enam loket untuk pengurusan tilang tersebut. Pihaknya hanya sebagai penyedia tempat pengurusan tilang tersebut.
 
"Jadi kami (kantor Pos) selain penyedia loket untuk pembayaran tilang, juga kami menyediakan ruangan kepada rekan-rekan Kejari Kota Tangerang untuk pemberian surat-surat tilang kepada pelanggar," jelas Sarip.
 
Selain itu, Sarip mengatakan bagi pelanggar yang hendak mengurus surat tilangnya, kini telah terpusat di satu aplikasi yakni e-Tilang.
 
"Kerjasama dengan Kejari ini sekarang sudah terpusat, artinya aplikasi e-Tilang sekarang sudah ada di seluruh loket kantor Pos," ungkapnya.
 

 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif