Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

34 Desa di Brebes Masuk Kategori Miskin

Nasional kemiskinan
Kuntoro Tayubi • 21 November 2019 10:13
Brebes: Anggota DPR asal Brebes, Paramitha Widya Kusuma, mengatakan saat ini masalah kemiskinan masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Pemerintah Kabupaten Brebes. Angka kemiskinan yang mencapai 17,7 persen menempatkan posisi ke-33 dari 35 Kabupaten/Kota di atas Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Wonosobo.
 
"Ada 34 Desa dari 297 Desa dan Kelurahan di Brebes masuk kateogri miskin. Bahkan 10 Desa kategori sangat msikin atau zona merah," kata Paramitha di Brebes, Kamis, 21 November 2019.
 
Paramitha menjelaskan perlu ada komitmen Pemda untuk melakukan pengembangan desa ketegori miskin tersebut. Harus ada inovasi untuk meningkatkan perekonomian warga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Paramitha masalah kemiskinan merupakan masalah kompleks dengan banyak indikator.
Di antaranya tidak memiliki jaringan listrik sendiri, penghasilan kurang dari Rp600 ribu per bulan, pendidikan rendah, dan warga hanya mampu berobat di tingkat puskesmas.
 
"Warga makan Cuma sehari satu kali dan hanya mampu membeli pakaian sekali dalam setahun. Termasuk rumah masih semi permanen, lantai tanah dan tidak punya jamban keluarga," ungkap Paramitha.
 
Kepala Bagian Penanggulangan Kemiskinan Setda Brebes, Farikha, mengatakan pemerintah setempat berkomitmen mengentaskan angka kemiskinan, di anataranya melalui program sistem layananan rujukan terpadu (SRLT). Program ini melibatkan semua organisasi pimpinan daerah (OPD) yang ada di Brebes.
 
"Kami melibatkan Dinas Kesehatan, Pendidikan, Perwaskim, Sosial dan lainnya. Mereka akan bekerja sama melayani warga miskin baik itu dalam hal sekolah, pengobatan, bantuan sosial dan rumah," kata Farikha.
 
Selain itu tahun 2019 ini, sudah terbentuk 6 desa inovatif yang sebelumnya masuk dalam kategori desa miskin. Desa itu mendapat pendampingan dari beberapa perguruan tinggi sehingga mampu menciptakan produk bernilai jual dan bermanfaat bagi masyarakat luas.
 
Keenam desa itu yakni Desa Buara Kecamatan Ketanggungan, Desa Limbangan Wetan Kecamatan Brebes, Desa Karangdempel Kecamatan Losari, Desa Bangsri Kecamatan Bulakamba, Desa Pesantunan Kecamatan Wanasari, dan Desa Bantarwaru Kecamatan Bantarkawung.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif