Ilustrasi salah satu rumah terdampak banjir bandang di Kabupaten Jayapura. Medcom.id/Roylinus Ratumakin
Ilustrasi salah satu rumah terdampak banjir bandang di Kabupaten Jayapura. Medcom.id/Roylinus Ratumakin

Pemprov Papua Susun Strategi Hadapi Cuaca Buruk

Nasional bencana alam
Roylinus Ratumakin • 06 Januari 2020 18:55
Jayapura: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyiapkan rencana untuk menghadapi cuaca ekstrem yang diperkirakan akan terjadi hingga Februari 2020. Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua, Muhammad Musa’ad, mengatakan pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan pihak terkait.
 
"Rencana aksi ini merupakan suatu kewajiban sehingga harus segera diselesaikan sesuai dengan instruksi presiden dan kami akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait," kata Musa'ad di Jayapura, Senin, 6 Januari 2020.
 
Musa'ad menjelaskan jika pihaknya sesegera mungkin mengantisipasi cuaca ekstrem yang berimbas pada bencana alam. Menurut Musa'ad pihaknya juga menyediakan anggaran khusus untuk mengantisipasi kemungkinan jika terjadi bencana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merilis pemberitahuan kepada masyarakat terkait potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat disertai kilat, petir serta angin kencang yang akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia pada sepekan ke depan.
 
Masyarakat pun diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.
 
Selain itu warga yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif