Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meninjau lokasi banjir di Grobogan. (Foto: Dokumentasi Humas Pemerintah Provinsi Jateng)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meninjau lokasi banjir di Grobogan. (Foto: Dokumentasi Humas Pemerintah Provinsi Jateng)

Provinsi Jateng Bentuk Posko Siaga Banjir

Nasional banjir bandang bencana longsor bencana banjir
Mustholih • 09 Januari 2020 15:53
Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendirikan posko terpadu siaga banjir. Langkah itu diambil untuk menghadapi cuaca ekstrem yang beberapa hari ini melanda Jawa Tengah hingga mengakibatkan banjir di sejumlah daerah.
 
"Posko ini posko khusus. Sebenarnya back up harian sudah ada di BPBD. Karena cuaca ekstrem untuk dua bulan dan beberapa hari ke depan dimungkinkan sangat ekstrem, kita diminta siaga," kata Ganjar, Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 9 Januari 2020.
 
Posko terpadu ini berlokasi di Wisma Perdamaian, Semarang, Jawa Tengah. Menurut Ganjar, posko ini akan memperbarui dan memvalidasi kondisi terkini cuaca dan kebencanaan di Provinsi Jawa Tengah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berbekal informasi yang valid ini, Pemerintah Provinsi Jateng diharapkan bisa menentukan langkah-langkah penanganan yang harus diambil.
 
"Kalau kita lihat ini ada yang berwarna hijau pekat. Ini menunjukkan ekstrem. Curah hujan diprediksi sampai 500 mm," ungkap Ganjar seraya menunjukkan data kondisi cuaca Jawa Tengah di posko terpadu.
 
Menurut Ganjar, dari posko ini, Provinsi Jateng bisa memberi peringatan ke Kabupaten atau Kota ihwal potensi bencana. Ganjar menegaskan posko ini bisa difungsikan untuk mengurangi resiko bencana. "Kita tidak bisa presisi tapi kita dapat mengantisipasi secara optimal. Juga segera bisa warning ke Kepala Desa, Camat, dan Bupati," jelas Ganjar.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif