Wali Kota Malang, Sutiaji, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Lowokdoro, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis 31 Oktober 2019. (Foto: Dok. Pemkot Malang)
Wali Kota Malang, Sutiaji, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Lowokdoro, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis 31 Oktober 2019. (Foto: Dok. Pemkot Malang)

Eks TPA Lowokdoro Malang Bakal Disulap Jadi RTH

Nasional lingkungan hidup
Daviq Umar Al Faruq • 31 Oktober 2019 19:57
Malang: Wali Kota Malang, Sutiaji, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Lowokdoro, Kota Malang, Jawa Timur. Sidak kali ini dilakukan pascaaduan warga sekitar yang protes atas bau yang menyengat dari eks TPA tersebut.
 
"Kami ingin memastikan karena kemarin dapat laporan dari masyarakat. TPA ini kan sebenarnya tidak difungsikan, tapi kenapa kok masih ada pembuangan," kata Sutiaji di lokasi, Kamis, 31 Oktober 2019.
 
Sutiaji menjelaskan eks TPA Lowokdoro kedepannya bakal digunakan untuk penambahan ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Malang. Sehingga sudah seharusnya eks TPA ini dilakukan penutupan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apalagi TPA di Kota Malang saat ini telah dipusatkan di TPA Supit Urang, Kecamatan Sukun. Sementara kebutuhan RTH di Kota Malang masih jauh dari target 20 persen wilayah.
 
"Sebenarnya ini mau difungsikan untuk hutan kota. Soalnya, RTH kita masih kurang jauh. Baru tercapai 4,5 atau 4,7 persen dari ketentuan 20 persen. Maka mau tidak mau, ini harus ditutup agar lahan-lahan ini nanti penggunaannya jelas," ungkap Sutiaji.
 
Oleh karena itu, Sutiaji menegaskan bakal memberikan sanksi jika masih ditemui masyarakat yang membuang sampah di area tersebut. Sanksi akan disesuaikan Perda Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah. Yakni, denda senilai Rp 100 ribu rupiah.
 
"Setelah di plang, saya akan minta Satpol PP untuk menjaganya agar tidak ada lagi orang yang membuang sampah di lokasi ini," pungkas Sutiaji.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif