Menpan RB Tjahjo Kumolo, Senin 4 November 2019 di Yogyakarta. Foto: Medcom.id/Patricia Vicka
Menpan RB Tjahjo Kumolo, Senin 4 November 2019 di Yogyakarta. Foto: Medcom.id/Patricia Vicka

Menteri Tjahjo Sarankan Contoh Tata Kelola Yogyakarta

Nasional pemerintah daerah
Patricia Vicka • 04 November 2019 19:38
Yogyakarta: Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta mendapatkan predikat daerah dengan tata kelola pemerintahan terbaik di Indonesia. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo mendorong pemerintah daerah mencontoh keberhasilan Pemda DIY.
 
Tjahjo menjelaskan Pemda DIY memperoleh hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat A sejak 2014. Pada 2018, DIY menjadi satu-satunya daerah yang pertama kali menerima predikat AA dalam penilaian SAKIP.
 
"Kami minta daerah studi tiru ke sini. jangan malu-malu untuk meniru. Supaya mempercepat reformasi birokrasi sesuai dengan arahan Bapak Presiden," tegas Tjahjo usai memberi kata sambutan dalam acara SAKIP di Kantor Gubernur DIY, Senin, 4 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia yakin percepatan reformasi birokrasi di seluruh pemerintah daerah dapat mempercepat pelayanan publik dan memudahkan masuknya investasi. Ia mencontohkan kemudahan layanan publik seperti mengurus STNK, KTP, SIM, akta kelahiran di pusat perbelanjaan atau mini market.
 
Reformasi birokrasi yang bisa ditiru daerah lain di antaranya penyederhanaan dan pengurangan program kegiatan serta menjalankan reward dan punishment berdasarkan kinerja.
 
"Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta telah melakukan efisiensi dari 3.150 program kemudian dipangkas menjadi sekitar 800an program. Pemangkasan ini mampu mengefisiensi keuangan Pemda DIY sejak 2013 hingga 2017 sebesar Rp1,6 triliun," jelasnya.
 
Selain itu Pemda DIY telah menetapkan struktur organisasi berdasarkan kinerja dan kebutuhan masyarakat. Evaluasi kinerja rutin digelar setiap tiga bulan sekali, sehingga program kerja terukur dan terarah pada target.
 
Dia mendorong Pemda DIY mempertahankan predikat tersebut. Dia melanjutkan kabupaten dan kota di DIY yang memperoleh predikat SAKIP A dan B diminta untuk meningkatkan peringkat.
 
"Kota Yogyakarta dan Kabupaten Gunung Kidul di DIY masih mendapat peringkat B. Sementara Kabupaten Sleman, Bantul dan Kulonprogo dapat nilai A. Saya harap ditingkatkan," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif