Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Api Menghanguskan Kawasan Hutan Trenggalek

Nasional kebakaran hutan Kebakaran Lahan dan Hutan
Antara • 31 Oktober 2019 18:08
Trenggalek: Kebakaran melanda dua kawasan hutan di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, sejak Rabu sore, 30 Oktober 2019, hingga Kamis dini hari. Api diduga berasal dari pembakaran sampah di dekat kawasan hutan.
 
"Satu (kebakaran) terjadi di petak 117 B-2, Desa Wonoanti, Kecamatan Gandusari, dengan luasan baku mencapai enam hektare dan area yang terbakar sekitar 0,25 hektare. Api saat ini sudah berhasil dipadamkan," kata Wakil Administratur Perhutani Kesatuan Pengelolan Hutan (KPH) Kediri Selatan Andi Iswindarto, melansir Antara, Kamis, 31 Oktober 2019.
 
Kebakaran meliputi kawasan Gunung Kuncung di Dusun Telitih, Desa Ngulang Wetan, Kecamatan Pogalan. Api membakar area dari lereng hingga puncak gunung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Luasnya cakupan kebakaran membuat petugas dari Perhutani, Polri, TNI dan warga sekitar kesulitan memadamkan api. Petugas memadamkan api dengan cara manual, yakni gepyok dari ranting dan dedaunan basah.
 
Kepala Kepolisian Resor Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan api yang berkobar sejak Rabu sore sempat padam sekitar pukul 18.30 WIB. Namun membesar lagi dan merembet hingga ke kawasan puncak gunung.
 
"Kondisi cuaca yang kering ini meningkatkan risiko kebakaran di sekitar hutan. Petugas kami terus siaga. Petugas dari Perhutani maupun kepolisian juga aktif menyosialisasikan kepada warga agar tidak membakar sampah sembarangan di sekitar hutan karena meningkatkan risiko terjadinya kebakaran," jelasnya.
 
Kebakaran hutan telah 17 kali terjadi di Trenggalek sejak Agustus hingga sekarang. Kebakaran hutan kebanyakan terjadi akibat pembakaran sampah atau dedaunan kering di dekat kawasan hutan. Total hutan di kawasan Perhutani yang terdampak kebakaran menurut Andi Iswindarto mencapai 30 hektare lebih.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif