ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.
ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.

142 Orang Mendaftar Calon Anggota PPK di KPU Bantul

Nasional Pemilu Serentak 2020
Ahmad Mustaqim • 22 Januari 2020 16:29
Bantul: Sebanyak 142 orang telah mendaftar sebagai calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Komisi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun proses pendaftaran 18 hingga 24 Januari 2020.
 
"Sampai saat ini sudah ada 142 pendaftar (calon PPK). Ada 80 laki-laki, dan 62 perempuan," kata Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Bantul, Musnif Istiqomah, saat dihubungi, Rabu, 22 Januari 2020
 
Musnih menjelaskan pendaftar calon PPK cukup merata. Meskipun sejumlah pendaftar belum memenuhi jumlah kuotanya. Musnif kembali mengatakan di Kecamatan Imogiri dan Sewon terdiri masing-masing 13 orang pendaftar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lalu ada pula kecamatan yang masih minim pendaftar, yakni Kecamatan Dlingo (2 pendaftar) dan Kecamatan Jetis (4 pendaftar).
 
KPU Bantul menarget jumlah total pendaftar minimal 170 orang. Jumlah itu juga harus memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan.
 
"Kebutuhan PPK ini sebanyak 85 orang. Kami optimis ada minimal 10 pendaftar di setiap kecamatan di sebanyak 17 kecamatan di Bantul," jelas Musnih.
 
Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho, mengatakan pihaknya menyiapkan seleksi administrasi usai penutupan pendaftaran. Pendaftar yang lolos seleksi administrasi akan disilakan mengikuti proses seleksi tertulis.
 
"Setelah itu akan ada tes wawancara. Wawancara ini untuk memperdalam kompetensi dan pengalaman kepemiluan calon PPK," ungkap Joko.
 
Joko menambahkan KPU Bantul membuka ruang tanggapan dan masukan dari masyarakat terhadap calon anggota PPK di setiap kecamatan. Tanggapan dan masukan itu akan jadi salah satu petimbangan dalam membentuk keanggotaan PPK.
 
Adapun calon PPK terpilih akan dilantik pada 29 Februari. Mereka akan bertugas sembilan bulan selama proses Pilkada 2020.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif