NEWSTICKER
Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Dinkes Sumsel: 17 PDP dan 285 ODP Korona

Nasional Virus Korona
Gonti Hadi Wibowo • 27 Maret 2020 06:16
Palembang: Sebanyak 285 warga Sumatera Selatan (Sumsel) tercatat sebagai orang dalam pemantauan (ODP) virus korona (covid-19). Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel bahkan mencatat 17 pasien dalam pengawasan (PDP) dan satu orang positif korona.
 
Sebanyak tujuh dari 17 PDP tengah menjalani perawatan isolasi di Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang. Sisanya, dua orang dirawat di ruang isolasi yang berada di Kabupaten Musi Banyuasin, empat orang di Ogan Komering Ulu (OKU), satu di Muara Enim, Satu di OKI, satu di Kota Pagar Alam, dan satu di Kota Palembang.
 
Sedangkan 285 ODP didominasi berasal dari wilayah Kota Palembang, yakni sebanyak 152 orang. Dinkes Sumsel masih menunggu hasil laboratorium 17 PDP dari laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Waktunya memang sedikit lama karena yang mengantre untuk dilakukan tes di Balitbangkes itu ribuan orang dari seluruh Indonesia," kata juru bicara gugus tugas percepatan penanggulangan virus korona Sumsel, Yusri, Kamis, 26 Maret 2020.
 
Baca: Bayi Enam Bulan di Banten PDP Korona
 
Pemprov Sumsel memastikan bakal meningkatkan penanganan PDP dan ODP. Hal ini seiring dengan terus meluasnya daerah transmisi lokal.
 
Pemprov Sumsel bakal menetapkan orang yang baru pulang dari daerah zona merah penyebaran korona sebagai ODP. Apalagi jika mereka mengalami satu gejala seperti batuk, demam, dan flu.
 
"Bahkan rencananya ODP akan ditempatkan di tempat khusus yakni di Wisma Atlet atau Asrama Haji Palembang untuk menekan potensi penyebaran virus korona ini," tegasnya.
 
Total pasien positif korona per Kamis, 26 Maret 2020, menjadi 893 orang. Pasien yang meninggal mencapai 78 jiwa, sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh menjadi 35 orang.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif