NEWSTICKER
Ribuan peserta Ijtima Ulama 2020 Zona Asia di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. ANTARA/HO
Ribuan peserta Ijtima Ulama 2020 Zona Asia di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. ANTARA/HO

Jemaah Ijtima Ulama Dunia Diisolasi

Nasional Virus Korona
Antara • 19 Maret 2020 09:41
Gowa: Pemerintah Kabupaten Gowa mengisolasi peserta kegiatan Ijtima Dunia 2020 Zona Asia. Kegiatan berpusat di Pakkatto, Kecamatan Bontomarannu, Gowa, Sulawesi Selatan, tersebut ditunda untuk mencegah penyebaran virus korona (covid-19).
 
"Isolasi para peserta ini demi kebaikan bersama. Para tamu-tamu kita dari berbagai daerah dan negara juga mengerti langkah antisipasi ini dan bersedia diisolasi," kata Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan YL di Gowa, Kamis, 19 Maret 2020.
 
Baca:Ijtima Ulama Dunia di Gowa Batal Digelar

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan penundaan kegiatan berdasarkan hasil kesepakatan antara panitia inti bersama Dewan Syuro Ijtima Zona Asia. Kesepakatan penundaan disampaikan langsung oleh panitia inti, Ustadz Abdurrahman, ke pihak pemerintah kabupaten.
 
Adnan menyatakan selama ini komunikasi terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gowa bersama Polres Gowa, Kodim 1409 Gowa, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Kementerian Agama (Kemanag) untuk meminta kegiatan tersebut ditunda.
 
Selain itu, Pemkab Gowa juga telah melayangkan surat penyampaian untuk menunda kegiatan sebagai upaya pencegahan penularan virus korona di Kabupaten Gowa.
 
Meski resmi ditunda, jemaah dari berbagai wilayah di Indonesia dan Asia sudah berada di Desa Nirannuang, Kecamatan Bontomarannu, sebagai lokasi kegiatan Ijtima Zona Asia. Pemkab Gowa telah memeriksa jemaah dan menyemprot disinfektan di lokasi kegiatan.
 
"Kita juga sepakat untuk mengisolasi sementara mereka di lokasi, sampai menyusun jadwal kepulangan masing-masing," jelasnya.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif