Surat nikah antara Soekarno dan Inggit Garnasih. Medcom/Adit
Surat nikah antara Soekarno dan Inggit Garnasih. Medcom/Adit

Surat Perceraian dan Pernikahan Sukarno-Inggit Garnasih akan Dijual

Nasional soekarno
P Aditya Prakasa • 25 September 2020 13:05
Bandung: Surat pernikahan dan perceraian antara Inggit Garnasih dan Preiden Sukarno akan dijual. Hasil penjualan dokumen tersebut nantinya akan digunakan untuk kepentingan masyarakat.
 
Hal itu dikatakan cucu angkat Inggit Garnasih, Tito Z. Harmaen atau Tito Asmarahadi. Niatnya untuk menjual dokumen bersejarah itu bukan tanpa alasan yang jelas.
 
"Ada wasiat dari Bu Inggit buat klinik untuk lahiran dan sekolah dasar, dulu untuk pembuatan rumah sakit bersalin dan sekarang juga ada yayasan untuk mengurusi itu, jadi memang untuk kepentingan masyarakat juga karena memang wasiat dari Bu Inggit," kata Tito di kediamannya, di kawasan Kelurahan Margahayu Utara, Kota Bandung, Jumat, 25 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Tito, surat pernikahan-perceraian itu bukan dokumen milik negara. Karena negara dinilai tak pernah peduli dengan dokumen tersebut.
 
"Memang betul menyangkut dokumen nasional tapi pemerintah sendiri tidak peduli, mau diapakan lagi. Saya enggak ada jalan lain," ucap Tito.
 
Sebelumnya, kata Tito, Gubernur Jawa Barat periode 1998-2003, Nuriana, telah meminta dokumen itu pada dirinya dengan syarat kompensasi untuk menjalankan wasiat dari Inggit, yaitu membangun fasilitas untuk masyarakat. Namun, permintaan tersebut tiba-tiba dibatalkan dengan berbagai alasan.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif