Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. ANT/Suwandy
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. ANT/Suwandy

Lawan Korona, Gaji ASN Pemkot Bekasi Bakal Dipotong

Nasional Virus Korona
Antonio • 01 April 2020 09:15
Bekasi: Pemerintah Kota Bekasi belum menerapkan pemotongan gaji aparatur sipil negara (ASN) untuk penanganan penyebaran virus korona (covid-19). Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, menyampaikan pemotongan gaji bakal dilakukan bila korona kian menyebar.
 
"Kalau semakin buruk, dan episentrumnya (kasus covid-19) keluar dari DKI hingga ke daerah perbatasan. Gubernur juga sudah menyampaikan, ya bukan mustahil (potong gaji ASN)," kata Rahmat di Bekasi, Selasa, 31 Maret 2020.
 
Dia mengatakan pemotongan gaji ASN tingkat kota/kabupaten merupakan kewenangan bupati dan wali kota. Dia menerangkan usulan potong gaji ASN tidak masalah, selama untuk kebaikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apalagi Pak Gubernur (Ridwan Kamil) menyampaikan kemarin, APBD-nya APBD covid-19, prorgramnya adalah program covid-19, enggak ada yang salah (pemotongan gaji)," ujarnya.
 
Baca:Rapid Testdi Kabupaten Bekasi, 998 Orang Negatif Korona
 
Rahmat menjelaskan, pendapatan dalam APBD Kota Bekasi menurun, lantaran tidak dapat menarik pajak dari sejumlah sektor. Selain itu, kata dia, pemerintah pusat hanya memberikan dana untuk pendidikan dan kesehatan.
 
"Kalau beban pengeluaran masi besar, pendapatannya enggak ada, bukan hanya gaji mungkin tapi tunjangan-tunjangan yang lain," sambung Rahmat.
 
Dia menerangkan jika pemotongan gaji diterapkan, maka akan disesuai dengan kempuan anggaran Pemkot Bekasi.
 
"Tapi itu baru bagian dari sebuah pemikiran," tandasnya.
 
Sebelumya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengimbau bupati dan wali kota memotong gaji ASN untuk penanggulanganan wabah virus korona. Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, pemotongan bisa dilakukan dari gaji atau tunjangan ASN secara adil dan proposional.
 
"Saya melakukan imbauan ini juga kepada kepala daerah dan ASN di lingkungan kota kabupaten," kata Emil di Gedung Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata, Senin, 30 Maret 2020.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif