Gubernur Kalbar, Sutarmidji. Antara/Rendra Oxtora
Gubernur Kalbar, Sutarmidji. Antara/Rendra Oxtora

Gubernur Kalbar Minta Masyarakat Serap Produk Lokal

Nasional Produk Dalam Negeri
Antara • 29 Juni 2020 14:56
Pontianak: Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, meminta masyarakat setempat lebih mencintai produk lokal agar produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kalbar bisa terserap oleh pasar.
 
Sutarmidji akan mengarahkan Dinas Koperasi dan UMKM di Kalbar untuk meningkatkan kualitas produk lokal agar bisa terserap oleh pasar lokal, nasional dan internasional.
 
"Contoh, kita selama ini surplus beras dan sayangnya beras kita belum terserap penuh oleh pasar. Untuk itu, masyarakat diharapkan bisa mengonsumsi beras lokal kita agar kesejahteraan petani kita meningkat, apa lagi beras yang dihasilkan petani Kalbar juga tidak kalah dengan beras dari luar, sehingga masyarakat harus bangga dengan produk lokal," kata Sutarmidji di Pontianak, Senin, 29 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Uji Coba Pariwisata New Normal, Puluhan Wisatawan Disengat Ubur-ubur
 
Dia menjelaskan ingin menciptakan pasar sistemik bagi pelaku UMKM dan memperkuat peran koperasi dalam meningkatkan peran dalam perekonomian masyarakat. Menurutnya selama ini negara masih mengimpor beras dari Vietnam, Kamboja, dan beberapa negara lain.
 
Jika beras yang ada di setiap daerah di Kalbar bisa didistribusikan dengan baik untuk daerah yang kurang, beras lokal bisa terserap dengan baik oleh pasar.
 
"Nah, hal seperti ini yang harus dilakukan oleh dinas terkait agar bisa mendistribusikan produk masyarakat, sehingga tercipta hilirisasi produk yang baik," ungkapnya.
 
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kalimantan Barat, Ansfridus J Andjioe, mengatakan pihaknya akan memperkuat sektor UMKM dan koperasi yang ada di Kalbar agar mampu menjual produk lokal berkualitas.
 
"Saat ini kita ketahui produk UMKM Kalbar banyak yang diminati oleh masyarakat luar negeri dan sudah terserap pasar luar seperti Malaysia dan negara lainnya. Untuk itu ini akan menjadi catatan kami agar produk-produk tersebut bisa semakin diminati masyarakat," kata Ansfridus.

 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif