Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: Dok. Kemenparekraf.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: Dok. Kemenparekraf.

Sandiaga Dorong Geopark Ramang-ramang Masuk Destinasi Dunia

Nasional Pariwisata Sandiaga Uno
Whisnu Mardiansyah • 18 Juni 2021 23:59
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong wisata Ramang-ramang salah satu geopark di Sulawesi Selatan masuk destinasi wisata kelas dunia. Potensi wisata di tempat ini sangat besar. 
 
"Dilihat dari potensinya Ramang-ramang ini harusnya masuk dalam destinasi wisata kelas dunia. Karena tidak semua tempat memilikinya. Saat ini kami istilahkan masih tidur dan tersembunyi. Ini adalah tugas kami membangunnya dan mengungkap pesonanya agar warga dunia mengetahui nilai kelangkaannya, eksotisnya," kata Sandiaga, Jumat, 18 Juni 2021. 
 
Kawasan Ramang-ramang ini juga terang Sandi bisa dioptimalkan sebagai desa wisata. Banyak faktor salah satunya keindahan alam. Semua kategori yang dimiliki Ramang-ramang masuk dalam kategori Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain keindahan alam, kategori lainnya adalah ketersediaan homestay, konten kreatif, desa digital, kuliner, kerajinan tangan, dan CHSE. 
 
Baca: Tekan Kasus Covid-19, Ganip Warsito Tinjau Vaksinasi di Bangkalan
 
Saat ini sudah 231 desa mendaftar di ADWI 2021 sejak dibuka pendaftarannya pada 22 Mei 2021. Sandiaga yakin desa wisata seperti Ramang-ramang  bisa menjadi penggerak ekonomi di tingkat pedesaan. 
 
"Bagi kami industri wisata dan kebangkitan ekonomi dimulai dari desa wisata. Kami mengharapkan program ini mampu membuka peluang ekonomi, lapangan usaha, lapangan kerja seluas- luasnya," kata Sandiaga. 
 
Untuk menjadikan Ramang-ramang sebagai destinasi wisata kelas dunia, Sandiaga mendorong warga mempertahankan kualitas homestay. Tak hanya itu, promosi juga dilakukan melalui platform digital. 
 
Sandiaga juga memperkuat jaringan internet dengan pembuatan tower BTS untuk menjamin koneksi internet di desa wisata Ramang-ramang.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif