Lurah Cipayung Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan Tomi Patria Edwardy di ruang kerjanya, Tangerang Selatan, Rabu, 8 Januari 2020. Medcom.id/ Farhan Dwitama
Lurah Cipayung Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan Tomi Patria Edwardy di ruang kerjanya, Tangerang Selatan, Rabu, 8 Januari 2020. Medcom.id/ Farhan Dwitama

Lurah Sarankan Tangsel Punya Satkorlak Bencana Tingkat Kecamatan

Nasional bencana alam
Farhan Dwitama • 08 Januari 2020 14:19
Tangerang: Lurah Cipayung, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, mengusulkan dibentuknya satuan koordinasi pelaksana (Satkorlak) bencana di tingkat kecamatan.
 
"Belajar dari pengalaman banjir kemarin, sebenarnya perlu adanya Satkorlak tingkat kecamatan. Satkorlak ini sebagai pusat data dan informasi kebencanaan tingkat kecamatan dan kelurahan," kata Lurah Cipayung, Tomi Patria Edwardy, Rabu, 8 Januari 2020.
 
Tomi menjelaskan dengan adanya Satkorlak tanggap bencana di tingkat kecamatan, maka setiap kebencanaan di wilayah tingkat kelurahan dan kecamatan bisa terorganisasi dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini tidak ada. Akhirnya tidak jelas berapa jumlah data rumah, korban, dan titik-titik mana saja yangmenghadapi bencana," jelas Tomi.
 
Selain itu Satkorlak tanggap bencana tingkat kecamatan ini juga bertugas dan memiliki fungsi agar penanganan wilayah bencana menjadi cepat dan tepat. Kecepatan diperlukan agar penanggulangan bencana menjadi lebih terarah dari sisi korban dan bantuan.
 
Tomi menyebutkan pada Banjir Rabu, 1 Januari 2020 kemarin, 4 titik wilayah permukiman di wilayah Kelurahan Cipayung mengalami banjir parah. Di antaranya di perum Inhutani, RW08/01, RT05/01, dan perumahan Pondok Hijau.
 
"Terparah itu di Inhutani, dengan ketinggian air antara 1 hingga 1,5 meter dan baru surut selama 2 hari," ungkap Tomi.
 
Menurut Tomi saat ini sejumlah warganya yang menjadi korban banjir menderita sejumlah penyakit mulai dari diare, gatal-gatal, dan penyakit ISPA.
 
"Iya mulai mengalami sakit, umumnya ISPA, gatal-gatal dan diare," pungkas Tomi.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif