Ilustrasi. MI/RAMDANI
Ilustrasi. MI/RAMDANI

Kenaikan Iuran BPJS Diyakini Tak Membebani Warga Jateng

Nasional BPJS Kesehatan
Mustholih • 02 November 2019 18:56
Semarang: Masyarakat di Provinsi Jawa Tengah diklaim tidak akan terbebani dengan rencana kenaikan tarif Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS). Sebab seluruh biaya kesehatan warga yang tergolong miskin sudah ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.
 
Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, menyatakan jangkauan peserta BPJS Kesehatan di wilayahnya mencapai 82 persen dari jumlah penduduk. Menurut Yulianto, sekitar 55 persen dari peserta PBJS Kesehatan itu masuk kategori penerima bantuan iuran.
 
"Premi yang bayar Pemerintah baik pusat, provinsi maupun kabupaten," kata Yulianto di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 2 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sisanya, kata Yulianto, merupakan peserta BPJS Kesehatan yang masuk kategori pekerja penerima upah. Mereka, antara lain, pegawai negeri sipil, pensiunan, anggota TNI/ Polri, dan karyawan buruh pabrik.
 
"Yang itu sebagian besar premi dibayar pemberi upah. Artinya, yang terbebani oleh kenaikan ini sebenarnya sebagian besar bukan masyarakat langsung," jelas Yulianto.
 
Sementara angka kemiskinan di Jateng tidak sampai 55 persen jumlah penduduk. Menurut Yulianto masyarakat Jateng tidak perlu khawatir dengan penaikan BPJS Kesehatan. "Tidak perlu khawatir. (Karena) angka kemiskinan tidak sampai 55 persen. Semua orang miskin sudah dijamin, bahkan yang hampir miskin dan rentan miakin pun kita jamin," ungkap Yulianto.
 
Yulianto mengatakan setiap tahun Provinsi Jateng menggelontorkan dana ratusan miliar untuk menanggung biaya kesehatan warganya. Bahkan, tahun ini, anggaran biaya kesehatan bagi warga miskin di Provinsi Jateng mencapai Rp250 miliar.
 
"Itu mencakup 900 ribu penduduk yang kita bayari. Belum yang (ditanggung) Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kota, dan Pemerintah Pusat. Ini cukup besar," pungkas Yulianto.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif