Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Jalan Tol Mamminasata Bakal Dibangun 2020

Nasional jalan tol
Muhammad Syawaluddin • 26 November 2019 18:33
Makassar: Jalan tol Mamminasata yang masuk dalam rencana jangka menengah pembangunan di Sulawesi Selatan rencananya bakal mulai dibangun pada 2020 mendatang. Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XIII, Miftachul Munir, mengatakan proyek Tol Mamminasata ini sudah masuk dalam market sounding dan akan dilepas ke investasi.
 
"Jika ada investor, bisa saja (pembangunan) dimulai tahun 2020. Karena kan pemerintah menawarkan Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Jadi yang akan membebaskan investor," kata Munir di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, 26 November 2019.
 
Munir menjelaskan pembangunan tol yang akan menghubungkan empat daerah tersebut akan dimulai dari Kabupaten Maros menuju ke Gowa hingga ke Takalar. Namun dia belum mengetahui detail pasti pembangunan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terus terang, balai inikan cuman istilahnya pelaksana, kami menerima data, dan inisiatornya Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dengan Sekjen pembiayaan infrastruktur Kementerian PUPR," jelas Munir.
 
Sejauh ini Pemerintah Indonesia terus menggenjot pembangunan infrastruktur, termasuk ruas jalan tol yang memang sudah diusulkan sebagai proyek strategis nasional (PSN). Dan Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menawarkan empat proyek jalan tol kepada investor.
 
Empat proyek tol yang dimaksud adalah Tol Solo-Yogyakarta-New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulon Progo, Tol Yogyakarta-Bawen, Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, dan Tol Makassar-Maros-Sungguminasa-Takalar (Maminasata).
 
Jalan tol Mamminasata sendiri rencananya akan dibangun sepanjang 48,12 kilometer, dengan anggaran sebesar Rp9,41 triliun. Proyek Tol mamminasata itu, akan menghubungkan kawasan industri di Mamminasata, hingga Makassar New Port. Dan tentunya akan dikoneksikan dengan middle ringroad yang sudah ada.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif