Menaker Ida Fauziyah. Foto: Medcom.id/A Rofahan
Menaker Ida Fauziyah. Foto: Medcom.id/A Rofahan

2.000 BLK Komunitas Dibangun pada 2020

Nasional tenaga kerja
Ahmad Rofahan • 24 November 2019 16:58
Cirebon: Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) akan membangun sebanyak dua ribu Balai Latihan kerja (BLK) Komunitas pada 2020. Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah, mengatakan Kemenaker sudah membangun sebanyak 1.125 BLK Komunitas di seluruh Indonesia hingga 2019.
 
"Untuk tahun 2020 nanti, akan kita bangun lagi BLK Komunitas," kata Ida saat menghadiri acara Silaturahmi Daerah (Silatda) Bu Nyai Se-Jawa Barat di Cirebon, Jawa Barat, Minggu, 24 November 2019.
 
Ida menjelaskan BLK Komunitas akan dibangun di sejumlah pondok pesantren dan lembaga keagamaan lainnya di Indonesia. Dia berharap adanya BLK Komunitas menjadi kompetensi para santri dalam hal ketrampilan dan kesiapan kerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika sebelumnya hanya fokus dalam ilmu agama saja, sekarang santri juga disiapkan untuk siap kerja," ujar Ida.
 
Di depan ratusan ibu nyai Se-Jawa Barat, Ida menyampaikan, sangat berharap kepada para ibu nyai, ikut berperan dalam meningkatkan kapasitas masyarakatnya untuk bekerja.
 
"Saya berharap ibu nyai di Jabar, menjadi bagian penting, untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja kita," ujar Ida.
 
Ratusan ibu nyai dari sejumlah pondok pesantren berkumpul dalam Silatda Bu Nyai Se-Jawa Barat di Pondok Buntet Pesantren, Minggu, 24 November 2019. Ketua panitia pelaksana Yenni Ainul Widad, mengatakan kegiatan dihadiri sekitar 500 ibu nyai dari sejumlah pondok pesantren di Jawa Barat.
 
Selain untuk menjalin silaturahmi antar bu nyai, kegiatan ini juga diisi sejumlah Forum Group Discussion (FGD) dengan sejumlah tema. Di antaranya soal ekonomi dan radikalisme.
 
"Hasil dari FGD akan diserahkan kepada PBNU dan disampaikan juga kepada pemerintah sebagai rekomendasi," ujarnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif