Rumah rusak akibat diterjang hujan deras disertai angin kencang. Foto: BPBD Jateng.
Rumah rusak akibat diterjang hujan deras disertai angin kencang. Foto: BPBD Jateng.

121 Rumah di Magelang Rusak Diterjang Hujan Deras

Nasional cuaca ekstrem
Mustholih • 30 November 2019 22:51
Semarang: Puluhan rumah penduduk di Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah mengalami kerusakan di bagian atap akibat hujan deras disertai angin kencang. Data sementara terdapat 121 rumah warga yang mengalami kerusakan ringan hingga sedang.
 
"Data itu kami himpun hingga pukul 19.50 WIB," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah, Sudaryanto, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 30 November 2019.
 
Menurut Sudaryanto, rumah warga yang mengalami kerusakan ringan berjumlah 96 unit. Sedangkan yang rusak sedang berjumlah 25 unit. Kerusakan rata-rata di bagian atap atau genting dan asbes.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sepertinya tidak mengganggu ruang utama rumah. Sebagai pertimbangan warga tidak segera melakukan pembenahan kerusakan. Disamping angin masih cukup kencang," ujar Sudaryanto.
 
Ia bilang hujan disetai angin kencang melanda wilayah Windusari Sejak pukul 15.00 WIB. Hingga pukul 19.50 WIB hujan masih turun di wilayah tersebut.
 
"Saat ini masih dilakukan proses kerja bakti oleh warga dan relawan," tutir dia.
 
Sudaryanto menambahkan puluhan rumah warga yang mengalami kerusakan berada di Dusun Cepogo (42 rumah rusak ringan dan 14 rumah rusak sedang), Dusun Kwadaan (48 rumah rusak ringan dan 11 rumah rusak sedang), serta Dusun Grogol (6 rumah rusak ringan).
 
"Kondisi di wilayah terdampak mengalami mati listrik dan masih turun hujan. Kita melibatkan kurang lebih 100 personel relawan untuk pembenahan rumah yang rusak," jelas Sudaryanto.
 

(SCI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif