Pengunjung objek wisata Pantai Kartini, Jepara, Jawa Tengah, mengabadikan hari tanpa bayangan.
Pengunjung objek wisata Pantai Kartini, Jepara, Jawa Tengah, mengabadikan hari tanpa bayangan.

Menikmati Hari Tanpa Bayangan di Pantai Kartini

Nasional fenomena alam
Rhobi Shani • 10 Oktober 2019 15:31
Jepara: Fenomena alam yang dikenal sebagai hari tanpa bayangan terjadi di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, hari ini, Kamis, 10 Oktober 2019. Kulminasi matahari terjadi di Bumi Kartini selama lima menit.
 
Di Jepara, mulai sekitar pukul 11.20 WIB bayangan benda tegak mulai bertumpuk dengan bendanya. Sekitar pukul 11.25 WIB sinar matahari mulai tertutup awan, kontan bayangan tak terlihat lagi.
 
Pengunjung objek wisata Pantai Kartini di Kabupaten Jepara banyak yang mengabadikan momen ini dengan kamera ponsel. Fenomena kulminasi matahari menyebabkan bayangan benda tegak bertumpuk dengan bendanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengunjung Pantai Kartini, Khoirul Anang Makruf, menyaksikan kulminasi matahari dengan menggunakan dua botol air mineral. Dua botol itu ditaruh di bawah terik matahari. Saat persis matahari tepat berada di atasnya, bayangan botol itu bertumpuk sehingga nampak seperti tanpa bayangan.
 
“Femomena seperti ini jarang terjadi. Apalagi di Jawa Tengah terjadi pertama kali di Jepara,” ujar Khoirul pengunjung asal Kecamatan Bangsri.
 
Pengunjung Pantai Kartini lainnya, Makruf, nampak beberapa kali mengabadikan fenomena ini dengan kamera ponsel. Remaja asal Karangrayung Kabupaten Grobogan itu beberapa kali meminta kawannya untuk memotretnya berlatar Pantai Kartini. Langit Jepara yang saat itu diselimuti awan, membuatnya harus menunggu momentum saat sinar matahari tidak terhalang awan.
 
“Mumpung ada fenomena yang tidak terjadi setiap hari. Tapi tadi harus nunggu sebentar karena pas ada awan lewat,” kata Makruf.
 
Fenomena hari tanpa bayangan dapat terjadi karena adanya bidang ekuator bumi atau bidang rotasi bumi yang tidak tepat berimpit dengan bidang ekliptika atau bidang revolusi bumi. Di Jawa Tengah, Jepara merupakan wilayah paling awal terjadi kulminasi matahari.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif