Gus Nur saat menjalani sidang beberapa waktu lalu. Dokumentasi/ istimewa
Gus Nur saat menjalani sidang beberapa waktu lalu. Dokumentasi/ istimewa

Gus Nur Dilaporkan Atas Dugaan Lecehkan NU

Nasional nahdlatul ulama
Clicks.id • 20 Oktober 2020 16:38
Jember: Gerakan Pemuda (GP) Anshor Jember bersama Aliansi Santri dan Banser melaporkan Sugi Nur Rahardja atau akrab disapa Gus Nur ke polisi. Gus Nur dilaporkan ke Polres Jember atas dasar dugaan melecehkan Nahdatul Ulama (NU) melalui ucapan dalam dialog dengan Refly Harun di channel youtube.
 
Video yang tersebar di medsos itu, Gus Nur mengumpamakan lembaga NU saat ini seperti bus umum yang di dalamnya terdapat orang-orang tak pantas.
 
"Dalam unggahan di channel youtube Gus Nur bersama Refly Harun dengan lancang menggambarkan nahdatul ulama saat ini seperti bus angkutan umum di mana di dalamnya terdapat orang orang yang tak pantas berada dalam bus," kata Ketua GP Anshor Jember, Ayub Junaedi, di Jember, Selasa, 20 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pemprov Jateng Prioritaskan Tenaga Kesehatan pada Vaksinasi Tahap Pertama
 
Ayub menjelaskan atas ucapan Gus Nur tersebut puluhan anggota Banser bersama Gerakan Pemuda Anshor Jember serta Aliansi Santri Jember geram karena Gus Nur dianggap mencemarkan nama baik dan melakukan ujaran kebencian melalui media sosial.
 
Gus Nur dianggap telah melanggar pasal 310 dan pasal 311 KHUP serta pasal 7 ayat 3 UU ITE karena telah melakukan ujaran kebencian dan melecehkan NU.
 
Sementara Kasat Reskrim Polres Jember, AKP Frans Delanta, mengatakan pihaknya masih mempelajari laporan tersebut.
 
Bukan kali ini Gus Nur berhadapan secara hukum dengan NU. Sebelumnya Gus Nur bahkan sempat mendekam dalam penjara atas laporan koordinator Forum Pembela Kader Muda NU yang sekaligus Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim, pada 12 September 2019.
 
Saat itu Gus Nur diketahui dalam video ceramahnya di Pesantren Karomah, Palu, Sulawesi Tengah, pada 19 Mei 2019 dinilai menghina pemuda NU dengan menyebut generasi muda NU sebagai penjilat.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif