Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Banjir di Parigi Moutong Dampak Cuaca Buruk

Nasional banjir bencana alam bencana banjir
Antara • 31 Oktober 2020 12:58
Parigi: Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, mengungkap banjir yang terjadi di sejumlah wilayah kabupaten itu akibat dampak cuaca buruk. Banjir terjadi setelah sungai di dua desa meluap.
 
"Ini dampak dari La nina yang mengakibatkan angin kencang disertai hujan deras sehingga terjadi banjir di sejumlah wilayah bagian selatan kabupaten ini," kata Kepala BPBD Parigi Moutong Aziz Tombolotutu, Sabtu, 31 Oktober 2020, melansir Antara.
 
Dia menerangkan, banjir merendam permukiman penduduk Desa Purwosari dan Desa Tolai Barat, Kecamatan Torue terjadi pada Kamis malam, 29 OKtober 2020. Banjir karena sungai di dua desa tersebut meluap akibat tingginya curah hujan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedikitnya 45 unit rumah di Desa Purwosari terdampak dan satu di antaranya terancam. Begitu pun Desa Tolai Barat, dilaporkan 110 kepala keluarga terdampak, serta satu unit rumah terancam.
 
Baca:Banjir Bandang Landa Sungai Pagu
 
"Saat ini air sudah surut, namun warga masih merasa takut terjadi banjir susulan jika terjadi cuaca buruk. Rendaman air saat itu ketinggiannya sekitar 60 sentimeter," ungkap Aziz.
 
Dia mengungkap, warga setempat membutuhkan peralatan keluarga, bahan pangan. Pemerintah diminta melakukan normalisasi sungai.
 
Selain banjir, angin kencang disertai hujan deras, akibat dampak cuaca buruk juga menumbangkan sejumlah pohon di Kota Parigi. Salah satunya di Kelurahan Loji, Kecamatan Parigi menimpa bangunan semi permanen.
 
"Bagi warga yang bermukim di bantaran sungai dan wilayah-wilayah rawan lainnya agar tetap waspada, karena cuaca buruk akibat dampak La Nina diprediksi berlangsung hingga tahun 2021," jelasnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif