Rekaman CCTV menunjukkan lampu LED jatuh ke bawah mengenai lantai kayu dan barang di lantai dua gedung Suzuya Mal Banda Aceh. Foto: Istimewa
Rekaman CCTV menunjukkan lampu LED jatuh ke bawah mengenai lantai kayu dan barang di lantai dua gedung Suzuya Mal Banda Aceh. Foto: Istimewa

Terungkap! Ini Penyebab Kebakaran Suzuya Mal di Banda Aceh

Fajri Fatmawati • 17 Mei 2022 23:38
Banda Aceh: Kepolisian Daerah (Polda) Aceh menyatakan kebakaran Suzuya Mal pada 7 April 2022, karena gagalnya sistem elektrikal pada lampu TL LED. Ini berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan Tim Laboratorium Forensik (labfor) Cabang Sumatra Utara.
 
"Penyebab kebakaran pusat pembelanjaan tersebut karena gagalnya sistem elektrikal pada lampu TL LED yang dipicu sambungan longgar, sehingga timbul akumulasi panas serta menyebabkan kebakaran," kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Winardy, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Winardy menerangkan lokasi api pertama diketahui di lantai dua gudang departement store yang berada pada bangunan tambahan Suzuya Mal. Hal itu diketahui berdasarkan bukti CCTV.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam bukti CCTV yang ada, sangat jelas bahwa lampu LED jatuh ke bawah mengenai lantai kayu dan barang, di mana saat lampu jatuh sudah diikuti dengan api yang terbakar. Itu terjadi di lantai dua," ujarnya.
 
Terkait dengan analisis teknisnya, Winardy menyebut ditemukan kerusakan akibat pemanasan tinggi pada salah satu ujung sarang lampu di lokasi api pertama kebakaran.
 
Baca: Seorang Warga Tewas Insiden Kebakaran Rumah di Deliserdang
 
"Sehingga, kebakaran terjadi karena gagalnya sistem elektrikal lampu TL LED dan terbakar akibat persambungan yang longgar," jelasnya.
 
Sebelumnya, kebakaran hebat terjadi di lantai dua pusat perbelanjaan yang terletak di jalan Teuku Umar, Kota Banda Aceh, Aceh. Kebakaram terjadi sekitar pukul 11.30 WIB, Senin, 4 April 2022.
 
Api sempat padam pada sore hari, namun menyala kembali sekitar pukul 19.30 WIB, sehingga menjalar hingga ke lantai tiga dan empat gedung. Sebanyak 24 armada pemadam kebaran dari Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar dikerahkan untuk memadamkan api, sehingga api padam total pada 5 April 2022 siang hari.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif