Inovasi budidaya lobster. Foto: Dok/Metro TV
Inovasi budidaya lobster. Foto: Dok/Metro TV

Inovasi Budidaya Lobster di Bandung

Nasional inovasi bandung
MetroTV • 19 April 2022 20:40
Bandung: Budidaya lobster kini semakin dimudahkan dengan hadirnya teknologi keramba jaring apung, sistem kerangkeng terbenam. Produksi teknologi berada di kawasan Cimareme Padalarang, kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
 
Teknologi ini telah terbukti mampu meningkatkan hasil panen lobster karena dapat menjaga suhu dan kualitas permukaan air serta mencegah gangguan lainnya yang membuat budidaya lobster terganggu. Teknologi bahkan telah menembus pasar ekspor.
 
“Produk kami juga telah dibeli oleh produsen swasta di Lampung yang ternyata ini telah sukses panen yang kesekian kalinya dan untuk ke luar negeri ada produsen dari Australia,” ujar direktur PT Gani Arta Dwi Tunggal, Andi Jaya Prawira Sunadim dalam program Zona Bisnis di Metro TV, Selasa, 19 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peneliti lobster sekaligus wakil dekan fakultas ilmu perikanan dan ilmu kelautan universitas padjadjaran, Ita Rostika mengatakan, teknologi keramba jaring apung, sistem kerangkeng terbenam sudah berhasil diuji coba di sejumlah daerah dengan melibatkan beberapa universitas.
 
Dalam kurun waktu 10 bulan, lobster mutiara sudah dapat dipanen dengan ukuran 300 hingga 400 gram, sedangkan untuk lobster pasir mencapai 250 hingga 300 gram. Teknologi ini nantinya juga sangat berguna untuk meningkatkan budidaya lobster di Indonesia. (Alifiah Nurul Rahmania)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif