Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pemprov Aceh Tetapkan Status Tanggap Darurat Korona

Nasional Virus Korona
Fajri Fatmawati • 27 Maret 2020 04:28
Banda Aceh: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh menetapkan status tanggap darurat untuk penanganan virus korona (covid-19). Penetapan status tanggap darurat tersebut akan berlangsung selama 71 hari.
 
"Status tanggap darurat ini sejak 20 Maret 2020 sampai 29 Mei 2020," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda 3Aceh Muhammad Iswanto di Banda Aceh, Kamis, 26 Maret 2020.
 
Kebijakan ini sesuai dengan surat Keputusan Gubernur Aceh Nomor 360/969/2020 yang ditetapkan di Banda Aceh pada 20 Maret 2020 atau 25 Rajab 1441.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Menristek: Indonesia Harus Bisa Produksi Vaksin Korona Sendiri
 
Menurut Iswanto, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan Pemprov Aceh menetapkan status ini. Salah satunya, penyebaran virus korona di dunia cenderung meningkat dari waktu ke waktu.
 
"Menimbulkan korban jiwa dan kerugian material yang lebih besar, dan telah berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat yang berpotensi memperlemah ketahanan daerah," ujar dia.
 
Termasuk, meningkatnya eskalasi prevalensi pandemi baik berupa jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasa (PDP) covid-19 di Aceh. Sehingga penetapan status siaga darurat bencana non alam penyebaran covid-19 ditingkatkan.
 
"Status siaga darurat ditingkatkan menjadi status tanggap darurat skala Provinsi," kata dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif