NEWSTICKER
ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.
ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.

Kemenkes Hanya Gunakan Satu Laboratorium untuk Deteksi Virus Korona

Nasional Virus Korona
Daviq Umar Al Faruq • 29 Februari 2020 10:53
Malang: Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, menyebut Pemerintah Indonesia sejauh ini hanya menggunakan satu laboratorium untuk mendeteksi virus korona covid-19. Terawan punya alasan tersendiri untuk penggunaan hanya satu laboratorium tersebut.
 
"Banyak yang mempertanyakan kebijakan saya, kenapa hanya satu laboratorium yang saya pakai. Kuncinya satu, tidak boleh ada laboratorium yang dipengaruhi oleh kepentingan," kata Terawan di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat, 28 Februari 2020.
 
Baca: Virus Korona Mulai Goyang Ekonomi Jateng

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terawan menjelaskan laboratorium yang digunakan yakni Laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kemenkes. Laboratorium ini sudah sesuai dengan standar World Health Organization (WHO).
 
"Laboratoriumnya harus penuh kejujuran, apa adanya, dan bisa dicek. Harus punya kemampuan BSL-3 (Bio Safety Level 3) dan harus terakreditasi WHO. Namun persyaratan utama adalah tidak boleh dipengaruhi oleh pihak ketiga, atau apapun juga," jelas Terawan.
 
Terawan menegaskan bahwa tidak boleh ada konflik kepentingan dalam menanggulangi virus korona di Indonesia. Penanganan virus asal Wuhan, Tiongkok, ini harus dilakukan dengan kejujuran
 
"Konflik kepentingan hanya satu, harus jujur, apa adanya. Yang dilaporkan harus apa adanya. Oleh karena itu, saya bersyukur, apa data yang ada, itulah yang ada. Akan tetapi besok saya tidak tahu, lusa tidak tahu," ungkap Terawan.
 
Baca: Kedatangan 17 WNA Ditolak di Bandara Soekarno Hatta
 
Sementara untuk pencegahan, pemerintah telah melakukan sejumlah upaya, salah satunya dengan mengamankan 132 pintu masuk ke Indonesia oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).
 
"KKP saya sudah siaga terus. Kedua, kita galangkan masyarakat hidup sehat, untuk meningkatkan imunitas tubuhnya, terutama melalui cuci tangan, olahraga, makan makanan cukup gizi, dan paling penting istirahat cukup," pungkas Terawan.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif