Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Angin Kencang Rusak Puluhan Rumah di Malaka NTT

Nasional angin puting beliung angin kencang
Antara • 11 Februari 2020 17:15
Kupang: Sebanyak 48 rumah rusak akibat angin puting beliung di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin, 10 Februari 2020. Angin puting beliung menghatam dua desa di Kabupaten Malaka, yakni Desa Railor Tahak, dan Desa Fahiluka.
 
"Dari 48 rumah yang rusak itu, sebanyak 21 rumah mengalami kerusakan berat dan 14 unit lainnya rusak ringan terdapat di Desa Railor Tahak. Sementara sisanya di Desa Fahiluka yang mana 11 unit rumah terdata rusak berat dan dua unit rumah didata mengalami kerusakan ringan," ujar Kepala BPBD Kabupaten Malaka Gabriel Seran melansir Antara, Selasa, 11 Februari 2020.
 
Dia menerangkan angin puting beliung juga merusak satu gedung sekolah. Dia mengungkap atap rumah dan gedung mengalami kerusakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Satgas BPBD Kabupaten Malaka sudah mendistribusikan terpal, tikar dan bantuan makanan kepada warga terdampak angin puting beliung. Tenda telah dibangun di lokasi bencana.
 
Sementara itu Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang menyatakan angin puting beliung yang menerjang Kabupaten Malaka dipicu fenomena skala global maupun lokal meteorologi.
 
"Berdasarkan hasil analisa, kejadian di Malaka disebabkan oleh pengaruh skala global maupun juga skala lokal meteorologi, dimana nilai suhu muka laut (SST) sekitar Pulau Timor berkisar 30 - 32 derajat celcius," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi El Tari, Agung Sudiono Abadi.
 

 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif