NEWSTICKER
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Pemkot Tangsel Didorong Geser APBD untuk Penanganan Covid-19

Nasional Virus Korona
Farhan Dwitama • 18 Maret 2020 13:33
Tangerang: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan, mendorong Pemerintah Kota Tangsel, melakukan pergeseran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), untuk penanggulangan covid-19.
 
Data gugus tugas covid-19 Kota Tangsel, satu warga Pondok Aren, meninggal akibat korona. Sementara lima orang masuk daftar pasien dalam pengawasan (PDP) dan 36 lainnya merupakan orang dalam pemantauan (ODP) virus korona.
 
"Kita hari ini ada LKPJ (laporan keterangan pertanggungjawaban), kita akan intens berkomunikasi karena bagaimanapun ini adalah situasi yang sifatnya darurat , jadi perlu koordinasi," kata Ketua DPRD Tangsel, Abdul Rasyid, Rabu, 18 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Kemensos Diminta Segera Terapkan Bekerja dari Rumah
 
Menurut dia, pergeseran APBD sangat mungkin, mengingat kejadian luar biasa yang telah ditetapkan Provinsi Banten terhadap penyebaran covid-19. Hal itu pun telah dibicarakan dengan seluruh pihak terkait.
 
DPRD mengakui, pihaknya bersama Gubernur Banten, Kejaksaan Tinggi Banten dan Pengadilan Negeri telah merumuskan untuk melakukan pergeseran anggaran belanja daerah.
 
"Kemarin dalam rapat-rapat dengan gubernur juga disampaikan. Meskipun ada pantangan dari pengadilan negeri dari kejaksaan karena normatifnya ada regulasi. Tapi kalau ini memang suatu kejadian yang luar biasa, (pergeseran anggaran) tidak menjadi persoalan," jelasnya
 
Sebelumnya, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie menerangkan, tengah menginventarisasi kebutuhan dari Dinas Kesehatan, BPBD, dan Dinas Kominfo Tangsel, untuk penggunaan dana tak terduga sebesar Rp3 miliar. Dana itu akan dialokasikan untuk penanggulangan covid-19.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif