Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. (Foto: Istimewa)
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. (Foto: Istimewa)

PSBB di Kabupaten Gowa Tak Berlanjut

Nasional Virus Korona PSBB
Muhammad Syawaluddin • 17 Mei 2020 04:00
Makassar: Pemerintah Kabupaten Gowa memastikan tidak akan memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan berakhir pada Minggu 18 Mei 2020. Keputusan itu berdasarkan kesepakatan dari semua pihak.
 
"Kesepakatan kami bersama Forkopimda bahwa PSBB di Kabupaten Gowa tidak dilanjutkan," kata, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu 16 Mei 2020.
 
Keputusan ini pun menilik Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 tahun 2020 mulai merelaksasi penerapan PSBB. Di mana,peliburan sekolah, peliburan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan dan tempat keramaian, serta moda transportasi secara perlahan mulai dibuka kembali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau kita merujuk pada PP 21 dan kebijakan yang diambil pemerintah pusat maka menurut kami, sudah tidak efektif lagi kalau kita melaksanakan PSBB karena kebijakan pusat mulai membuka semua," jelasnya.
 
Tidak hanya itu, kata Adnan, untuk melanjutkan PSBB selama kurang lebih 14 hari ke depan membutuhkan penambahan anggaran yang harus disiapkan. Sehingga, akan dilakukan lagi relokasi anggaran dengan nilai cukup besar dari APBD yang ada.
 
"Anggaran yang dibutuhkan cukup besar. Kita harus refocusing anggara lagi," jelasnya.
 
Sementara, kemampuan Kabupaten Gowa untuk memenuhi semua logistik selama 14 hari ke depan sudah berat. Sehingga, jalan terbaik dari kondisi yang ada adalah tidak menambah masa penerapan PSBB.
 
"Ketika kita berbicara kemampuan daerah atau anggaran dari kabupaten untuk melanjutkan PSBB, menurut kami ini cukup berat untuk dilanjutkan," jelasnya.
 
Adnan berharap kepada semua masyarakat Kabupaten Gowa, meski PSBB tidak lagi diterapkan, pihaknya meminta agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Hal itu untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona di Kabupaten Gowa.
 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif