BIN menggelar Rapid Test, di Kantor Kelurahan Pondok Betung, Tangerang Selatan, jumat, 15 Mei 2020. Medcom.id/ Farhan Dwitama
BIN menggelar Rapid Test, di Kantor Kelurahan Pondok Betung, Tangerang Selatan, jumat, 15 Mei 2020. Medcom.id/ Farhan Dwitama

BIN Menggelar Rapid Test Massal di Tangsel Selama Dua Hari

Nasional Virus Korona PSBB
Farhan Dwitama • 15 Mei 2020 22:31
Tangerang: Badan Intelijen Negara (BIN) selama dua hari menggelar Rapid Test massal di kantor Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan. Dari tes tersebut 16 orang dinyatakan positif dan 29 reaktif covid-19.
 
"Kami dapati 16 orang positif dan 29 reaktif covid-19. Dari hasil rapid test massal yang kami gelar selama dua hari sejak Kamis dan Jumat, 14-15 Mei 2020. Di kantor Kelurahan Pondok Betung," kata Direktur 24 BIN, Brigadir Jenderal Irwan Mulyana, Jumat, 15 Mei 2020.
 
Baca: Kasus Covid-19 di Kaltim Bertambah 13

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Irwan menjelaskan selama dua hari pelaksanaan rapid test ini, antusiasme masyarakat Tangsel mengikuti tes cepat sangat tinggi. Pada hari kedua ini pihaknya telah menyiapkan 750 alat rapid test.
 
"Total yang terserap di hari pertama dan kedua sebanyak 1.061. Hari pertama 565 yang digunakan dan hari kedua ini 496 alat tes," jelas Irwan.
 
Irwan menerangkan rapid test ini merupakan instruksi dari Kepala BIN sebagai deteksi lanjutan terhadap penyebaran covid-19 di Indonesia.
 
"Kegiatan ini tadinya kita laksanakan hanya satu hari, tapi melihat situasi banyak masyarakat yang ingin tes, hari ini diperpanjang dua hari," ungkap Irwan.
 
Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, yang memantau jalannya rapid test massal tersebut mengapresiasi langkah BIN dalam membantu mempercepat penanganan covid-19.
 
"Mewakili Pemkot Tangsel, saya ingin mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada BIN yang selama dua hari menyelenggarakan Rapid Test di Pondok Betung," kata Benyamin
 
Sebelumnya pada hari pertama rapid test di Kelurahan Pondok Betung, BIN menyediakan 500 alat rapid test kit yang diikuti oleh 496 peserta, di mana 16 orang dinyatakan positif covid-19. Data itu pun langsung dilaporkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tangerang Selatan, untuk nantinya dirujuk ke RS rujukan covid-19.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif