ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Sejumlah Warga Kulon Progo Keberatan Namanya Dicatut Jadi Anggota Parpol

Ahmad Mustaqim • 20 September 2022 23:31
Yogyakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mencatat sejumlah nama warga dicatut dalam daftar keanggotaan partai politik (parpol). Warga yang namanya dicatut telah ditindaklanjuti ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. 
 
"Ada empat orang (yang mengadu) melalui tautan Bawaslu surel (surat elektronik). Empat aduan sudah ditangani dan kemudian kami sampaikan kepada yang mengadu untuk mengisi formulir dari KPU," kata Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Kabupaten Kulon Progo, Panggih Widodo, Selasa, 20 September 2022. 
 
Panggih mengatakan klarifikasi telah dilakukan pada aduan keberatan itu. Klarifikasi itu dilakukan bersamaan dengan verifikasi berkas yang mesti diperbaiki partai politik. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari laporan yang diterima Bawaslu, proses klarifikasi tidak dilakukan langsung ke lapangan, melainkan dengan video call. Padahal, langkah itu tidak sesuai dengan Peraturan KPU Pasal 39. 
 
Baca: Bawaslu Jepara Butuh 48 Panwascam, Pendaftaran Dimulai Besok
 
Sesuai Pasal 40 PKPU Nomor 4 Tahun 2022, pihak yang tak bisa hadir langsung dalam tahap verifikasi harus dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Akan tetapi, pihak Bawaslu Kulon Progo belum mengetahui hasil proses verifikasi yang dilakukan KPU setempat. 
 
Ketua Bawaslu Kabupaten Kulon Progo Ria Harlinawati mengatakan KPU semestinya melakukan proses sesuai aturan yang berlaku. Pihaknya tetap menunggu hasil verifikasi yang KPU lakukan. 
 
"Kami tak bisa tindak lanjuti ini karena bukti belum lengkap. Belum bisa masuk temuan karena syarat formal dan materiil terpenuhi," kata Ria.
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif