Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

4 Komisioner dan 2 Staf KPU di Sulsel Terdata Sebagai Anggota Parpol

Muhammad Syawaluddin • 08 Agustus 2022 23:45
Makassar: Sebanyak empat komisioner dan dua staf Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Sulawesi Selatan tercatat sebagai anggota partai politik. Hal itu terkuak setelah dilakukan pengecekan di aplikasi sistem informasi partai politik (Sipol) KPU.
 
Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sulawesi Selatan, Asram Jaya, mengatakan temuan tersebut diketahui oleh pihaknya setelah secara instruksi seluruh komisioner KPU di Sulsel diminta untuk mengecek NIK-nya di aplikasi Sipol.
 
"Dari situ ditemukan ada empat (komisioner) dan dua staf," katanya, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 8 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Asram menjelaskan, pihaknya saat ini belum bisa menyebut empat komisioner dan staf KPU tersebut. Pasalnya saat ini masih dalam proses pendaftaran.
 
Baca: 11 Anggota KPU dan Bawaslu Lampung Dicatut Parpol

"Sementara kami hanya bisa menyebutkan jumlah karena sampai sekarang masih tahapan pendaftaran," ungkapnya.
 
Asram juga pasti keenam orang tersebut akan diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan ke KPU RI. Keenam orang tersebut nantinya akan mengirimkan dokumen terkait hal itu.
 
"Jadi tanggapan dikirim website KPU RI berserta bukti dan lampiran dokumen yang dibutuhkan," jelasnya.
 
Terkait ada kemungkinan aplikasi Sipol diretas, pihaknya saat ini belum bisa berkomentar. Namun, ia mengimbau jajaran petugas atau komisioner KPU di Sulsel untuk mengecek NIK-nya di aplikasi Sipol untuk mengantisipasi hal serupa terjadi.
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif