Rumah warga di Kota Solo, Jawa Tengah, ambles. Medcom.id/ Triawati Prihatsari
Rumah warga di Kota Solo, Jawa Tengah, ambles. Medcom.id/ Triawati Prihatsari

Solo Waspada Cuaca Ekstrem

Nasional cuaca ekstrem bencana alam Gibran Rakabuming Raka Kota Solo
Triawati Prihatsari • 09 Mei 2022 18:36
Solo: Kota Solo waspada cuaca ekstrem setelah satu rumah ambrol karena longsor sungai dan empat rumah rusak parah akibat angin puting beliung pada Mingggu sore, 8 Mei 2022.
 
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, berjanji segera melakukan perbaikan talud dan perbaikan drainase di sejumlah tiitk sebagai antisipasi.
 
"Kerusakan karena banjir, longsor dan puting beliung nanti kita tangani. Talud memang harus diperbaiki, yang penting korban longsor kita evakuasi dulu. Tadi yang terdampak satu rumah di bantaran sungai. Sek (sebentar) nanti kita carikan solusi. Kalau sudah seperti ini kan resiko sekali, makanya nanti jangan dibangun lagi di situ (bantaran sungai)," kata Gibran, Senin, 9 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Penjelasan BMKG Terkait Panas Terik di Sejumlah Daerah
 
Kepala BPBD Solo, Nico Agus Putranto, menambahkan selain satu rumah ambrol karena longsor talud sungai, sebanyak empat rumah di Kelurahan Ngoresan, Kecamatan Jebres rusak parah akibat puting beliung yang terjadi di hari yang sama. Dia menghimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini.
 
Dia mengakui kejadian tersebut merupakan kejadian paling ekstrim menimpa Kota Solo akibat curah hujan tinggi disertai angin beliung. Tidak hanya berdampak pada kerusakan rumah warga, curah hujan tinggi disertai puting beliung menumbangkan pohon di sejumlah titik di Kota Solo.
 
"Hampir semua sungai di Kota Solo meluap kemarin, termasuk luapan air di sepanjang jalan di Kota Solo terutama di Jalan Slamet Riyadi, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan KS Tubun. Pohon tumbang di sembilan titik juga, beberapa menimpa rumah warga tapi alhamdulillah tidak ada korban jiwa," jelasnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif