Kuasa Hukum Terdakwa Herry Wirawan, Ira Mambo
Kuasa Hukum Terdakwa Herry Wirawan, Ira Mambo

Kuasa Hukum Ogah Bongkar Isi Pembelaan Herry Wirawan

Nasional pemerkosaan kota bandung Hukuman Mati kebiri predator seksual Jawa Barat Pondok Pesantren
P Aditya Prakasa • 20 Januari 2022 13:14
Bandung: Terdakwa kasus dugaan pemerkosaan terhadap 13 santriwati, Herry Wirawan, meminta hukuman seadil-adilnya kepada majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jawa Barat. Hal itu disampaikan Herry di persidangan dengan agenda pleidoi atau penyampaian nota pembelaan.
 
Kuasa Hukum terdakwa yang ditunjuk oleh majelis hakim, Ira Mambo, mengatakan, persidangan perkara tersebut dilakukan secara tertutup. Dia mengaku tidak berwenangan menyampaikan isi pleidoi yang disampaikan oleh Herry karena bagian dari fakta persidangan.
 
"Kami tidak bisa menerangkan di sini apa isi pembelaan, karena harus utuh menyeluruh. Panjang dan tidak bisa (dijelaskan)," ucapnya, Kamis, 20 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun begitu, kata Ira, inti pleidoi yang disampaikan dalam persidangan yakni meminta hukuman seadil-adilnya bagi Herry. Pleidoi dibacakan sendiri oleh Herry.
 
Baca juga: Prajurit TNI Gugur dalam Serangan Kelompok Bersenjata Maybrat Papua Barat
 
"Intinya kami memohonkan hukuman seadil-adilnya spesifikasinya tentu kami tidak bisa uraikan dan terdakwa pun diberikan kesempatan pembelaannya pribadi secara tersendiri," kata dia.
 
Disinggung soal tuntutan hukuman mati yang dibacakan jaksa atas perbuatan Herry Wirawan, Ira lagi-lagi enggan mengomentari. Dia mengatakan akan menunggu keputsan hakim dalam sidang vonis nanti.
 
"Untuk hal tersebut kami tidak layak menjawabnya karena kewenangan memutuskan ada pada majelis hakim," jelasnya.
 
Sebelumnya, Herry Wirawan dituntut hukuman mati hingga kebiri oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Dia dinilai terbukti telah memperkosa 13 santriwati hingga beberapa korban di antaranya hamil dan melahirkan anak.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif