Ilustrasi - Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan antigen untuk mendeteksi penularan COVID-19 di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (21/8/2021). (ANTARA FOTO/Rangga Musabar/bmz/aww)
Ilustrasi - Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan antigen untuk mendeteksi penularan COVID-19 di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (21/8/2021). (ANTARA FOTO/Rangga Musabar/bmz/aww)

5 Kasus Omicron Terdeteksi di Lampung

Antara • 05 Februari 2022 23:54
Bandar Lampung: Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung mencatat telah terdeteksi sebanyak lima kasus terkonfirmasi positif covid-19 varian omikron di daerahnya. 
 
"Benar telah ada penambahan kasus covid-19 varian Omicron, sebab surat baru diterima dari Litbangkes," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, Sabtu, 5 Februari 2022.
 
Ia mengatakan, penambahan lima kasus covid-19 varian Omicron tersebut diketahui setelah pelaksanaan pengiriman sampel pasien ke Litbangkes untuk diperiksa lebih lanjut melalui Whole Genome Sequencing (WGS). 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lima pasien yang terdeteksi varian Omicron tersebut berasal dari Kota Bandarlampung," kata dia. 
 
Baca juga: Bali Catatkan Rekor Penambahan Kasus Harian Covid-19 Tertinggi
 
Menurutnya, kelima pasien positif Omicron tersebut saat ini tengah melaksanakan perawatan di rumah sakit. 
 
"Karena Surat Edaran Menteri Kesehatan saat awal sebelum perubahan mengharuskan semua melakukan perawatan di rumah sakit, lima pasien positif Omicron tengah menjalani perawatan disana," ucapnya.
 
Dia menjelaskan, kondisi lima pasien positif Omicron tersebut saat ini seorang dalam keadaan bergejala sedang dan empat pasien lainnya bergejala ringan.
 
"Semua sudah dilakukan penelusuran kasus, untuk kasus positif covid-19 varian baru Omicron," ujar dia.
 
Reihana melanjutkan, dalam sepekan terakhir telah terlihat peningkatan jumlah kasus positif covid-19 sehingga telah dilakukan sejumlah upaya untuk segera menemukan kasus baru di tengah masyarakat. 
 
Baca juga: Jual Beli Surat Rapid Tes di Pelabuhan Ketapang, 2 Jadi Tersangka
 
"Dalam sepekan ini memang ada tren peningkatan kasus, untuk itu semakin cepat menemukan kasus akan semakin cepat juga pengendaliannya," terang dia.
 
Dengan adanya tren peningkatan kasus covid-19 itu masyarakat diharapkan dapat ikut berkontribusi mencegah perluasan persebaran dengan kembali patuh menerapkan protokol kesehatan. 
 
"Prokes harus kembali dilakukan untuk membantu mencegah persebaran kasus covid-19, semua harus ikut berkontribusi," jelasnya.
 
Sebelumnya pada Jumat, 5 Februari 2022, telah terjadi penambahan kasus yang cukup banyak dengan jumlah penambahan kasus positif sebanyak 139 orang sehingga total ada 50.278 kasus positif. Sedangkan untuk kasus sembuh ada 45.661 orang, dan kematian 3.829 orang.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif