Tempat relokasi PKL Malioboro di bekas bioskop Indra. Medcom.id/ Ahmad Mustaqim
Tempat relokasi PKL Malioboro di bekas bioskop Indra. Medcom.id/ Ahmad Mustaqim

PKL Malioboro Dapat Sejumlah Fasilitas di Lokasi Baru

Nasional pedagang kaki lima (pkl) Pasar Tradisional ekonomi daerah Yogyakarta Malioboro
Ahmad Mustaqim • 26 Januari 2022 21:30
Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan sejumlah fasilitas di tempat relokasi baru PKL Malioboro, baik di eks Bioskop Indra maupun bekas kantor Dinas Pariwisata DIY. Lokasi baru untuk PKL itu dinamai 'Teras Malioboro'.
 
Kepala Dinas UKM dan Koperasi DIY, Srie Nurkyatsiwi, menjelaskan Teras Malioboro I atau eks Bioskop Indra bisa ditempati sekitar 800 PKL. Kemudian, teras Malioboro II atau bekas Kantor Dinas Pariwisata DIY akan mampu menampung sekitar 1.000 PKL. Teras Malioboro I terdiri dari 3 lantai dengan pembagian tiga blok.
 
"Fasilitas yang pasti mendapat kebutuhan primer, seperti listrik, air, internet, dan tempat sampah. Sampah ini kan butuh sebuah manajemen karena jangan sampai pengunjung tidak datang karena baunya nggak enak," kata Srie di Yogyakarta, Rabu, 26 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Gubernur DIY Harap PKL Malioboro Berkembang Usai Relokasi
 
Ia mengatakan para PKL bisa memanfaatkan lapak baru tanpa harus bayar. Menurut dia, pemerintah nantinya akan melakukan pembinaan untuk PKL untuk mengembangkan usaha. Rencana tersebut yakni dengan menjual dagangan secara daring.
 
"Ini memungkinkan asalkan ada komitmen. Kalau bicara ongkirnya ada enggak ya nanti akan kami proses. Bagaimana keberhasilannya, pasti yang paling penting adalah komitmen-komitmen dari kita semua. Bukan hanya PKL-nya tapi juga pemerintah," jelasnya.
 
Ia menambahkan relokasi PKL akan dilakukan bertahap. Pihaknya meminta PKL membawa dagangan dan tidak membawa benda yang tidak penting.
 
Pihaknya mengakui luasan tempat relokasi yang ditempati PKL tidak sama. Ada yang satu meter dan ada yang lebih. Ia menambahkan, para PKL bisa berinovasi di lokasi baru.
 
"Saya yakin nanti para pelaku ini inovasinya luar biasa. Tadi sudah dikasih pernak-pernik. Selain untuk kuliner, nanti juga akan ada atraksi di belakang sesuai tema budaya yang ada di sini," ujarnya.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif